28 Maret 2024

Kapolri Listyo Sigit Pastikan Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

0

Jakarta, Baraberita.com – Sabtu, 04/03/2023 – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan tim investigasi gabungan dari Polri serta stakeholder terkait akan mendalami penyebab awal mula terjadinya kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Sebagaimana diketahui, peristiwa kebakaran itu terjadi pada Jum’at (03/03/2023) malam.

“Baru saja kami dengan tim Pak Kapolda, Kabareskrim Polri, dan tim gabungan investigasi didampingi rekan-rekan Pertamina melakukan pengecekan awal di TKP,” ujar Jenderal Pol. Sigit di Depo Pertamina Plumpang, Sabtu (04/03/2023)

Dari tinjauan dan laporan awal yang diterimanya, Jenderal Pol. Listyo Sigit mengungkapkan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB. Saat itu, di lokasi sedang ada pengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax, yang dikirim dari Balongan.

Saat pengisian, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terjadinya tekanan yang berlebihan. Setelah itu, terjadilah peristiwa kebakaran.

Meski begitu, Jenderal Pol. Listyo Sigit menegaskan, tim investigasi gabungan masih akan terus melakukan pendalaman terkait dengan sumber api awal di lokasi kejadian.

“Tentunya untuk mencari tahu sumber api dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim,” ujar Jenderal Pol. Listyo Sigit.

Saat ini, tim investigasi gabungan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan beberapa saksi hingga memeriksa CCTV, dan akan melakukan proses pembuktian dengan Scientific Crime Investigation (SCI).

“Saat ini, kami sedang kumpulkan saksi, CCTV, kemudian hal-hal yang kami perlukan sifatnya teknis. Sehingga nanti bisa kami jelaskan secara scientific crime investigation tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengkibatkan terjadinya kebakaran,” tutup Jenderal Pol. Listyo Sigit.

Laporan : Nathanel Pangandaheng

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *