Pembukaan Festival Hadrah & Rebana IKN Se-Kalimantan Timur Syarikat Islam Kota Balikpapan di Atrium Ewalk BSB

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Jum’at, 13/01/2023 – Setelah dua tahun lebih warga Balikpapan tidak pernah ada aktivitas berkumpul dalam kegiatan sosial keagamaan akibat masa pandemi Covid – 19 dan baru pada hari Jum’at tanggal 13 Januari 2023 pukul 14.30 Wita, di Atrium Ewalk Mall Balikpapan Superblock Jalan Jend. Sudirman Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, telah dilaksanakan kegiatan Pembukaan Festival Hadrah dan Rebana IKN Se-Kalimantan Timur Syarikat Islam Kota Balikpapan, dihadiri 100 tamu Undangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Ketua Pengurus Cabang Syarikat Islam Kota Balikpapan, H. Abdulloh, S.Sos. Kasdim 0905/Bpp, Letkol Arh Erwin Hadi Santoso, S.Kom. Kabag Kesra Setdakot Balikpapan, Budi Mulyatno, Wakasat Binmas Polresta Balikpapan, Akp Djoko S. Kasi Bintal Lanud Dhomber, Letda Sus Sakha Fatul Kharim, S.Pd, Paur Kesla Lanal Balikpapan, Letda Laut (K/W) Andika Puspita Dewi,  Ketua Forum Kesenian Kota Balikpapan, Leo Sukoco, Para pimpinan Pondok Pesantren se Kota Balikpapan, Para tamu undangan dan  Para peserta Lomba..

Laporan Ketua Panitia Pelaksana, Marban, Sebagai berikut, “Alhamdulillah pada hari ini kembali mengadakan festival qasidah rebana klasik dan hadrah yang bertempat di Balikpapan Superblock. Bapak Ibu yang kami hormati kegiatan festival rebana merupakan salah satu bentuk Islam yang harus dipertahankan keberlangsungannya karena rebana klasik dan kesenian Islam yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad disambut gembira oleh orang-orang dengan nyanyian yang dikenal sholawat dibawakan saat bermain rebana dan mengandung ungkapan pujian dan keteladanan sifat Allah dan rasulnya yang agung.

Dengan hal tersebut membawa dampak kecintaan kepada Allah dan Rasul adapun tujuan dan kegiatan ini adalah agar masyarakat dan anak-anak khususnya. Makin sering mempelajari tentang Islam semakin tertarik untuk mempelajari seni Islami dalam rangka menanamkan nilai Islam menyambut perpindahan ibukota negara Nusantara.

Bapak ibu hadirin yang berbahagia Pada kesempatan ini kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak memberikan bantuan kepada para undangan yang telah meluangkan waktu untuk berkenan hadir. Kepada para panitia yang telah berpartisipasi mensukseskan festival haradah dan rebana juga kepada teman-teman panitia yang telah bekerja keras mencurahkan tenaga dan pikiran.

Bidang kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari 29 Grup Rebana klasik dan 21 group Rebana Hadrah. Acara ini nanti dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang kita harapkan semoga usaha kita dalam mengembangkan budaya agar senantiasa memberikan kontribusi positif dan bernilai. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mohon maaf jika dalam penyelenggaraan nanti ada kesalahan.”

Sambutan Ketua Pimpinan Cabang Syarikat Islam Kota Balikpapan, H. Abdulloh, S.Sos Sebagai berikut, “ Festival hadrah dan rebana ibukota negara sekarang juga sudah bisa menyebut pesertanya adalah 10 kota yang ada di Kalimantan Timur yang ada di ibukota negara. Ketua gabungan organisasi wanita Kota Balikpapan dan organisasi organisasi lain.

Terima kasih atas kehadirannya pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa. Mohon maaf kami terlambat hadir datang kemari. Ketua cabang kota Balikpapan mengaturkan banyak terimakasih atas kerja kerasnya sehingga acara festival gendang rebana pada hari ini mudah-mudahan dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta’ala dilaksanakan selama tiga hari dan penutupan di malam senin.

Terimakasih kepada yang telah bergerak untuk memberikan fasilitas tempat yang lainnya sehingga kami bisa membuka festival Hadrah dan Rebana di sini. Yang dikatakan pembentukan panitia saya pro kontra dengan pihak mall karena belum pernah dilaksanakan festival ini di mall festival Hadrah rebana dilaksanakan di Mulyasari yaitu dangdut dan lain lain.

Dalam rangka siap diserap melalui kegiatan-kegiatan ini karena didalamnya tentu yang dikumandangkan adalah lagu-lagu yang bernuansa Islami dan Pak Kyai ustad yang hadir di tempat ini semata-mata memang tidak lain dan bertujuan untuk menyalurkan syarikat Islam dimanapun berada dan melalui momen inilah mudah-mudahan bisa sama-sama membuka Festival ini.

Terima kasih panitia dan seluruh jajarannya yang telah bersusah payah membuat acara ini dilaksanakan dengan baik. Kemudian lakukan sportivitas dalam penilaian dewan juri tidak ada yang namanya tidak terlihat tetapi sesuai dengan apa yang ada saja.”

Sambutan Walikota diwakili oleh Kabag Kesra Setdakot Balikpapan, Sebagai berikut, “ Puji syukur marilah kita panjatkan Kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Rahmat Dan Hidayah-nya, Maha Pengasih, sehingga kita atas dapat dipertemukan dan bersilaturahmi pada pembukaan festival Hadrah dan Rebana IKN Se Kalimantan Timur yang diselenggarakan Balikpapan Syarikat Islam Kota

Serta salam terlimpahkan kepada junjungan semoga alam, tetap Habibina Wanabiyina Muhammad SAW, ahli keluarganya, para sahabatnya, Para Auliya, Para Alim Ulama serta umatnya yang saleh sampai akhir zaman.

Saya mengajak hadirin sekalian untuk mendoakan saudara kita, keluarga dan kerabat yang sedang sakit, agar diberikan kesembuhan sehingga dapat beraktivitas seperti sediakala, membangun Kota Balikpapan yang kita cintai.

Pertama-tama atas nama pemerintah Kota Balikpapan apresiasi atas penyelenggaraan festival hadrah dan rebana, sebagai salah satu upaya melestarikan seni dan budaya bernafas islami, dalam kaitannya dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, kita bisa menggunakan kesenian ini untuk meningkatkan silaturahim, memupuk tali persaudaraan, sehingga tercipta suasana aman dan damai yang menjadi modal utama pembangunan, sebagaimana Tema Hari Ulang Tahun ke 126 Kota Balikpapan adalah Balikpapan berkolaborasi, Balikpapan bersinergi, dengan seluruh komponen masyarakat sangat penting dalam upaya mewujudkan visi dan misi kota.

Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung sehingga Kota Balikpapan mendapatkan 36 penghargaan dari Pemerintah Provinsi pada peringatan HUT ke 66 Provinsi Kaltim, termasuk di antaranya pembangunan berupa 16 panji keberhasilan, Semoga ke depannya kita dapat semakin termotivasi untuk berkarya, bukan hanya demi mengejar penghargaan, tapi yang lebih nyata yaitu kemajuan dan kesejahteraan Kota Balikpapan yang menjadi pintu gerbang dan penyangga Ibu Kota Negara.”

Bahwa kegiatan Festival Hadrah dan Rebana ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dari Syarikat Islam Balikpapan yang diperuntukan bagi masyarakat umum se-Kalimantan Timur. Dimana kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Ukuwah Islamiah bagi umat muslim di Kaltim dan kaum Syarikat Islam di kota beriman. Kegiatan Festival Hadrah dan Rebana IKN Se-Kalimantan Timur Syarikat Islam Kota Balikpapan di mulai tanggal 13 s.d 15 Januari 2023.

Laporan : ONI BS

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *