HAMKRI Gorontalo Gelar Lomba Keroncong Lagu Perjuangan

Gorontalo, Baraberita.com – Selasa, 09/08/2022 – Setiap tahun, pada tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini, dirayakan secara meriah oleh setiap kalangan dimanapun mereka berada, mulai dari masyarakat pedesaan, perkotaan, bahkan oleh masyarakat Indonesia yang sedang berada di luar negeri. Selain itu, semarak 17 Agustus juga dirayakan oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Meriahnya perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini tentu tidak terlepas dari besarnya rasa kecintaan masyarakat terhadap bangsa Indonesia itu sendiri. Perayaan hari kemerdekaan menjadi momentum yang sangat penting untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pahlawan terdahulu dalam meraih kemerdekaan Indonesia dari cengkeraman para penjajah.
Berkenan dengan itu dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 77 Tahun 2022, Himpunan Artis Musik Keroncong (HAMKRI) Kota Gorontalo melaksanakan lomba lagu lagu Perjuangan irama keroncong asli dan langgam bagi kalangan Lansia di atas umur 45 tahun tingkat Provinsi Gorontalo.

Menurut Ketua (HAMKRI) Kota Gorontalo Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.IK., M.Si yang biasa dipanggil (KOKO) bahwa untuk mempertahankan dan mengembangkan musik keroncong agar tetap lestari dan berkelanjutan, perlu adanya upaya untuk mempertahankan eksistensi budaya tersebut. Diantaranya dengan melakukan upaya pelestarian, sehingga kami mengambil momen Perayaan hari kemerdekaan RI sebagai ajang mempertemukan pencinta dan penikmat music irama keroncong di provinsi Gorontalo.

Apabila dilihat dari perkembangan musik saat ini, kami yakin mungkin pendengar musik keroncong sudah menurun dengan sangat drastis dari tahun ke tahunnya. Bahkan mungkin beberapa orang dari kita masih sangat asing dengan musik ini. Maka dari itu sebagai bentuk perlindungan terhadap musik keroncong dan membangkitkan rasa cinta akan budaya Indonesia, maka DPC HAMKRI Kota Gorontalo mengadakan lomba keroncong untuk kalangan lansia (45 ke atas) dengan tema kegiatan lomba adalah “Melalui Momentum Kemerdekaan RI ke 77 Mari Kita Pertahankan & Kembangkan Musik Keroncong Agar Tetap Lestari & Berkelanjutan di Bumi Hulondalo”

Dengan adanya kegiatan lomba keroncong ini, kami berharap para generasi muda kaum milenial juga kaum lansia bisa semakin tergugah, bangga, dan cinta akan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

Menurut Ketua Panitia  Yuriko Puluhulawa, S.Pd maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan lomba ini yakni HAMKRI Kota Gorontalo mengambil bagian dalam rangka memperingati 17 Agustus 1945 hari kemerdekaan Republik Indonesia juga mengajak kaum lansia untuk bernostalgia dengan keroncong melalui lagu lagu perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Selanjutnya pelaksanaan even ini bertujuan antara lain :

Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Kota Gorontalo memberikan ruang apresiasi kepada pecinta keroncong lewat lomba ini dalam mengisi kemerdekaan
Mengenalkan dan memperkuat keroncong di tengah masyarakat serta menanamkan nilai luhur yang ada dalam syair lagu perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia kepada generasi muda kaum milenial, dan bagi kaum Lansia sebagai nostalgia
Diharapkan menjadi pemicu bagi khalayak untuk kian mengembangkan musik keroncong di daerah Gorontalo baik keroncong asli, stambul, langgam
Kegiatan lomba bertempat di Hunggrypedia Café, akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dibabak penyisihan mulai tanggal 9, 10, dan 12 Agustus 2022 di ikuti 40 orang peserta mewakili masing masing komunitas. Babak final pada hari Ahad, 14 Agustus 2022 pukul 20.00 sekaligus penyerahan Piala dan Bonus dari Sponshorsip.

Laporan : Irene M. Syauta

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.