Amankan Asian Games, Ini Perintah Pangdam Jaya

Jakarta, BARABERITA.COM  Selasa 31/07/2018 Aparat TNI, Polri serta Pemprov DKI Jakarta melaksanakan apel gelar pasukan terkait pengamanan Asian Games 2018 di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (31/7/2018). Apel gelar pasukan gabungan ini dipimpin Pangdam Jaya Mayjen Joni Supriyanto. Menurut Joni, apel ini digelar untuk menunjukkan kesiapan TNI dan Polri serta instansi terkait untuk menyukseskan penyelenggaran Asian Games yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 mendatang.

“Pada kesempatan ini apel gelar pasukan merupakan gambaran real persiapan personil yg akan ditugaskan dalam melaksanakan pengamanan untuk suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018. Saya berharap apa yang kita lakukan ini akan menjadi gambaran kepada masyarakat bahwa aparat keamanan siap mengamankan dan menyukseskan seluruh rangkaian Asian Games 2018 ini,” kata Joni dalam sambutannya. “Sejalan itu gelar pasukan ini sangat penting dilakukan dengan mengemban tugas pengamanan wilayah Ibu Kota dan sekitarnya selama kegiatan Asian Games berlangsung agar dapat berjalan dalam keadaan lancar dan kondusif,” tambah Joni.

Dia pun mengaku jika seluruh aparat sudah siaga untuk mengamankan seluruh pertandingan berbagai cabang olahraga terutama yang akan digelar di sejumlah kawasan di Jakarta. “Polda Metro Jaya dengan Kodam Jaya serta jajaran Pemda DKI dan sekitar kita siap melaksanakan tugas,” katanya. Dalam gelar pasukan pengamanan ini, Joni memerintahkan agar seluruh aparat sigap mengendalikan situasi keamanan di Ibu Kota dari berbagai ancaman baik teror dan aksi kriminalitas.

“Ada potensi ancaman yang bakal mengganggu Asian games. Laksanakan tugas dengan segala penuh tanggungjawab,” katanya. Dia menambahkan, pengamanan Asian Games ini sebetulnya sudah berlansung dari beberapa bulan yang lalu. Dia pun mengaku aparat keamanan juga telah melakukan pengamanan terhadap atlet-atlet dari sejumlah negara yang ikut serta dalam penyelenggaraan olahraga terbesar di Asia ini.

“Pengamanan kita lakukan beberapa bulan lalu. Kontingen dan beberapa atlet sudah mulai datang ke Jakarta beberapa minggu lalu. Dan mereka akan kembali setelah tanggal 2 September. Tugas kita sudah jauh-jauh hari dilakukan, dan sampai semua kontingen meninggalkan Indonesia. Tugas kita bagaimana menjaga duta-duta negara sahabat merasa nikmat dinegara kita. Kesan itu yang akan mereka bawa ke negara masing-masing,” tandas Joni. Selain melaksanakan apel gelar pasukan, TNI-Polri juga melaksanakan simulasi pengamanan untuk mengantisipasi aksi teror selama Asian Games 2018 berlangsung.

Laporan : Rommy Sumampow

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *