Ketua DPRD Abdulloh, S.Sos, Hadiri Pelantikan, Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Balikpapan

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Kamis, 04/08/2022 – Ditengah padatnya kegiatan Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abduloh, S. Sos, sempatkan waktu untuk menghadiri upacara Pelantikan & Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Balikpapan Masa Bhakti 2022-2027, acara diadakan pada hari Kamis Tanggal 04 Agustus 2022 pukul 08.30 Wita bertempat di Auditorium Kantor Walikota Balikpapan Jl. Jend. Sudirman,, dengan tema ” Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubantikan “,

Bertindak selaku Pimpinan Upacara Sekretaris Kwarda Kaltim Drs. H. Fachruddin Djaprie, M. Si. Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E,  Danlanud Dhomber, Kolonel Pnb Sidik Setiyono, S.E, M. Han,.Dandim 0905/Bpp, Kolonel Inf Faisal Rizal, Danlanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Rizal Al Hafiz, Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol. V. Thirdy Hadimiarso, Sekdakot Balikpapan Ir. Muhaimin, M.T, Assisten I Kota Balikpapan, H. Syaiful Bahri, Kasatpol PP Balikpapan, Zulkifli, Para Kadis Pemkot Balikpapan, BPBD Balikpapan, Sunarman, Camat Se Kota Balikpapan, Para pengurus Kwarcab Kota Balikpapan,  Para pengurus Mabicab Kota Balikpapan, Para peserta Jambore Nasional

Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud., S.E., M.E, dalam sambutannya antara lain, “Sebagai ketua majelis pembimbing mengajak hadirin sekalian untuk mendoakan saudara, keluarga dan kerabat yang diberikan kesembuhan dan sedang sakit, agar kepulihan sehingga dapat beraktivitas seperti sediakala disampaikan bahwa pandemi belum berakhir, untuk itu saya mengingatkan agar para hadirin tetap berupaya melaksanakan protokol kesehatan, serta melengkapi vaksinasi.

Gerakan pramuka merupakan merupakan wadah pendidikan sekaligus pembinaan generasi muda guna menjadi insan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berwawasan luas, serta sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

Berharap para pengurus mampu mengidentifikasi yang akan dihadapi oleh generasi muda ke depannya, dan dapat menyusun program pembinaan yang sesuai dan sejalan dengan komitmen membangun sdm berkualitas yang akan menjadi pelaku aktif pembangunan.

Seiring dimulainya pembangunan ibu kota negara nusantara, saya berharap para anggota pramuka Balikpapan mulai mempersiapkan diri tingkatkan partisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan gerakan kepramukaan sebagai bekal meningkatkan pendayagunaan sumber daya manusia, materi pendidikan, sistim pembinaan dan manajemen pramuka semakin organisasi sehingga anggota terlatih untuk bersaing, dengan modal cinta tanah air berkarakter serta menjadi solusi bagi berbagai permasalahan bangsa.”

Sambutan Ka Kwarda Kaltim, Sebagai berikut, “Berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 225 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka, maka Tugas Pokok Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka adalah memberi bimbingan dan bantuan yang organisatoris, organisatoris, bersifat moral, materiil, finansial dan konsultasi kepada gudep, satuan dan kwartir yang bersangkutan Tugas pokok memberi bimbingan mengandung makna memberi arahan, saran, nasehat, dan dukungan moral.

Tugas pokok memberi bantuan mengandung makna membuka jalan, mengusahakan kesempatan, fasilitas, dana serta memberi peluang agar Gerakan Pramuka mendapat akses untuk memperoleh bantuan dari pemerintah dan masyarakat

Tugas pokok konsultasi mengandung makna bahwa gudep, satuan, dan kwartir dapat berkonsultasi mengenai permasalahan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan citra Gerakan Pramuka Sedangkan menurut Keputusan Kwartir Nasional nomor 224 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kwartir Cabang bahwa fungsi kwartir cabang adalah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan manajemen kegiatan, baik operasional maupun administratif di tingkat kwarcab.

Pada kesempatan ini pula saya merasa sangat perlu untuk menyampaikan bahwa hendaknya kwartir cabang tidak ragu dan segan untuk berkordinasi selalu berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan kwartir daerah dalam rangka melancarkan fungsi organisatorisnya Hubungan organisatoris yang sama juga hendaknya selalu harus dibina dengan jajaran organisasi di bawahnya yaitu ke kwartir ranting kwartir ranting di Kota Balikpapan ini.”

Dengan ditetapkannya IKN di Provinsi Kalimantan Timur ( Kaltim ) dan Kota Balikpapan sebagai Penyangga IKN diharapkan Anggota Pramuka dapat mempersiapkan diri tingkatkan partisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan gerakan kepramukaan sebagai bekal meningkatkan pendayagunaan sumber daya manusia.

Laporan : M. Ali Hasan Asy’ari

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.