29 Maret 2024

AKSI TEATRIKAL SDN 01 TILAMUTA KAB. BOALEMO PROV. GORONTALO WARNAI HARI PAHLAWAN

0

Boalemo – Gorontalo, Baraberita.com – Rabu, 10/11/2021 – Sejak tanggal 28 Oktobìer 2021, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah AKSI TEATRIKAL.

Berikut jalan ceritanya, Aksi baku pukul dan  baku tembak terjadi di halaman SDN 01 Tilamuta. Sekolompok orang berpakaian loreng dengan senjata lengkap menyerang rakyat sipil. Rakyat sipil ini juga bersenjata, tetapi persediaan senjata  sangat kurang, sehingga mereka menggunakan pentungan dan bambu runcing. Sekolompok orang tadi dan rakyat sipil saling menyerang. Darah segar membasahi halaman sekolah. Lima orang tertembak mati, enam orang luka-luka, dan tiga lainnya patah tulang kaki.

Tidak lama berselang, para perawat berpakaian putih-putih turun dari mobil ambulance. Sambil membawa tandu dan obat-obatan sederhana menolong rakyat sipil yang masih bernafas. Sedangkan korban meninggal dunia langsung dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Peristiwa tersebut mengundang perhatian masyarakat sekitar kejadian. Tukang bentor yang kebetulan lewat di depan halaman sekolah berhenti dan berkerumun di pagar sekolah yang sengaja sudah ditutup oleh Petugas Keamanan Sekolah. Para orang tua siswa juga turut menyaksikan peristiwa tersebut. Tampak dari mereka ada yang berlinang air mata dengan wajah sedih.

Itulah Aksi Teatrikal yang diperankan oleh Sanggar Seni Dudetu SDN 01 Tilamuta. Menurut Ketua Panitia Nurain Islim, S.Pd, Aksi teatrikal ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai-nilai juang seperti semangat rela berkorban dan mampu bersikap mandiri kepada peserta didik.

Ketua Komite, dr. Roni H. Imran yang turut hadir pada kegiatan tersebut, mampu membakar semangat para guru dan siswa. Beliau menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ini. Dengan semangat berapi-api Beliau menyampaikan “Mewakili para orang tua, saya selaku ketua komite menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada guru-guru yang telah melaksanakan berbagai kegiatan di sekolah ini.

Kami merasa senang, karena sekolah telah melaksanakan kegiatan pada tataran aplikatif, bukan sekedar pada tataran teori. Kepada seluruh orang tua siswa dan Huyula Kelas, mari kita dukung semua kegiatan dan program sekolah. Ke depan kami mengharapkan, bahwa sekolah ini tidak hanya unggul di Kabupaten Boalemo, tetapi termasuk sekolah unggulan di Propinsi Gorontalo.”

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Pengawas Pembina, Lusiana Saidi, S.Pd. dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan seperti ini tidak berhenti, melainkan terus menggalakkan kegiatan yang bernilai dan aplikatif, agar benar-benar bermakna bagi peserta didik. Beliau juga menegaskan bahwa penegakan disiplin merupakan bagian dari nilai juang yang harus diterapkan pada warga sekolah.

Peringatan hari Pahlawan ini juga di tandai dengan upacara bendera. Dan yang menarik dari upacara bendera ini adalah, para guru SDN 01 Tilamuta berpenampilan seperti tokoh pahlawan atau busana menyerupai pahlawan yang dimodelkan. Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Laode Oga yang memerankan tokoh Jenderal Sudirman, dan pemimpin upacara adalah  Mizanto Hapulu, yang memerankan Bung Tomo.

“JADILAH SISWA YANG TANGGUH DALAM BERPIKIR DAN BERTINDAK.”

Laporan : Angganitji Pontoh

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *