Siswa Siswi Kelas X, XI, XII SMA Negeri 5 Balikpapan Mengikuti Out Door Class Day

Balikpapan, BARABERITA.COM  Kamis, 01/11/2018 Komitmen Kepala sekolah dan staf pengajar SMA Negeri 5 Balikpapan Dra. Ririen Fridayati, mendukung program Out Door Class Room Day atau Hari Belajar di Luar Kelas, patut diancungi jempol sejak program tersebut dicetuskan, Dra. Ririen tidak pernah melewatkan hari belajar di luar kel;as dengan anak didiknya, seperti yang dilaksanakan disekolah yang belum lama ini memperoleh predikat Sekolah Ramah Anak. “ Hari Belajar Di Luar Kelas di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan anak Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kebugaran anak-anak kita secara psikis dan sosial di era digital yang membuat anak-anak kita jarang bergerak,”Kata kepala sekolah yang penuh prestasi ini  pada apel sarapan pagi bersama warga Smala kamis 01/11/2018 pukul 07.20 wita di halaman upacara,

“ Program belajar di luar kelas adalah program nasional dilaksanakan serentak dari SD, SMP Sampai ke jenjang sekolah lanjutan atas, saat ini bersama-sama kita hadir  Drs. Idhamsyah kabid Guru Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kalimantan Timur, Selamat datang di Smala pak, Terima kasih atas kunjungannya, selanjutnya anak-anak sebelum kita mendengarkan arahan dari bapak Idhamsyah mari kita memperagakan cara mencuci tangan yang benar sebab menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah paling penting untuk mencegah penyakit. Menurut penelitian, mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit (seperti influenza, diare, hingga hepatitis A) hingga 50%. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar sesuai standar World Health Organisation (WHO) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Namun bila tidak tersedia, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Kendati demikian, penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan Anda terdapat kotoran yang sangat kotor dan sulit bersihkan.

Sebelum mencuci tangan, pastikan anda memiliki sabun dan sumber air mengalir. Alirkan air terlebih dahulu, lalu letakkan sabun (dapat sabun cair atau sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tangan. Saat mencuci tangan, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  2. Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  3. Menggosok sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.
  4. Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  6. Membersihkan kuku dan ujung jari  dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.

Setelah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer. Anda juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Dengan melakukan cuci tangan yang benar, Anda akan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit akibat kuman. Untuk itu, mulai saat ini terapkanlah kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar. Tutup kepsek murah senyum.

Kabid GTK Idhamsyah, S.Pd, M.Si dalam sambutan pada intinya “ Anak-anakku, kalian adalah harapan bangsa, kalian generasi penerus bangsa, rajin belar, taati aturan sekolah, hindari pergaulan bebas, jauhi Narkoba karena narkoba murusak mental penggunanya, kalau mental sudah rusak jelas masa depan hancur, hari ini anak-anak mengikuti program belajar Out door class day manfaatkan waktunya karena 90 menit cukup lama buat anak-anak belajar sambil rileks.”

Nubli Hazmi “ Saya sebagai siswa merasa senang dengan program Out Door Class Day sebab cara belajarnya unik berdasarkan atau disesuaikan berdasarkan minat siswa, cara belajarnya pun santai, macam-macam permainan diantaranya congklak/dakon, ular tangga, kucing dan tikus dan masih banyak lagi permainan semua saya senangi, saya rasa rekan-rekan lain sama seperti saya, terima kasih bapak dan ibu guru.”

Laporan : Marwan B

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *