Komisi IV DPRD Balikpapan, Sambut Hangat Komite Seni Budaya Nasional Kaltim

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Selasa, 22/11/2022 – Dengan penuh kehangatan dan suasana akrab, Komisi IV DPRD Kota Balikpapan menerima kedatangan Komite Seni Budaya Nasional (KSBN) Kalimantan Timur. Kedatangan KSBN dalam rangka audensi dengan jajaran DPRD Kota Balikpapan, dilaksanakan di ruang rapat gabungan DPRD Kota Balikpapan, hari Selasa 22 November 2022.
KSBN Kaltim merupakan organisasi yang lahir mengacu kepada Undang-undang nomor 5 tahun 2017, dengan misi mengembangkan dan memajukan kebudayaan di Indonesia. Kemudian dijabarkan dengan Peraturan Pemerintah nomor 87 tahun 2021, untuk bisa menginventarisasi segala macam bentuk budaya di Indonesia, yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, khususnya di kota Balikpapan Kalimantan Timur.
Anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Sandy Ardian menyambut baik hadirnya KSBN. Sandi optimis terbentuknya kepengurusan KSBN bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan stakeholder dan rekan-rekan yang telah eksis di bidang kebudayaan, untuk bersama-sama membangun melestarikan budaya leluhur bangsa Indonesia, khususnya Kaltim dan Balikpapan.
“Kami Komisi IV berharap dan meminta KSBN untuk segera melakukan semacam analisa kebutuhan, atau budaya muatan lokal Balikpapan, untuk bisa ditingkatkan, ” ucap Sandi nampak penuh semangat.
Keberadaan KSBN ini membawa optimisme baru dalam pengembangan Seni Budaya. Diharapkan memunculkan intensitas kegiatan yang kongkrit, menampilkan ikon khusus Kota Balikpapan dari sisi seni budayanya. Komisi IV meminta KSBN untuk dapat melakukan pembinaan dan mengobarkan gairah baru dikalangan remaja dan anak, sehingga bisa terjun menekuni ke dalam kegiatan seni dan budaya ini.
“Kita harus optimis dan penuh harapan, dengan adanya keputusan ini KSBN terus konsisten, jangan hanya semangat berkobar di awal saja. Harus tetap konsisten dalam hal ini,” harap Sandi.
Ketua KSBN Kalimantan Timur, Jefry, saat ditemui Media, mengatakan bahwa KSBN akan menginventarisasi tradisi lisan, manuskrip, olahraga tradisional. Salah satu tugas besar KSBN adalah untuk membuat satu informasi budaya terpadu.
“Kami bersyukur Komisi IV DPRD sangat suportif untuk mendukung keberadaan KSBN. Kami organisasi yang lahir menjabarkan amanat undang-undang, demi melestarikan dan mengembangkan budaya Nusantara” kata Jefry nampak penuh semangat.
Organisasi Budaya ini mulai eksis sejak bulan Agustus 2022, dan disambut baik oleh DPRD Kota Balikpapan. Bahkan langsung diberikan usulan untuk membuat program-program yang produktif untuk memajukan budaya, dan bisa terus berlanjut ke depannya.
“Respon yang sangat positif dari Bapak Ketua Komisi IV, kami ditantang untuk membuat sebuah kalender kebudayaan yang akan berkesinambungan dan berkelanjutan,” ujar Jefri yang juga seorang Dosen, menambahkan.
Laporan : Yulsa Zena 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *