23 Juni 2024

KASAL: TNI AL BERKOMITMEN JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN PERAIRAN WUJUDKAN VISI INDONESIA EMAS 2045

0

Jakarta,  Baraberita.com  –  Selasa,  05/09/2023  — Menyambut Hari Ulang Tahun TNI AL ke-78, TNI Angkatan Laut menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosial, salah satunya Program Kali Bersih Nusantara yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bertempat di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (05/09/2023). Pelaksanaan kegiatan Program Kali Bersih digelar dari 78 titik satuan TNI AL di seluruh Indonesia.

Dengan tema “Melalui Program Kali Bersih, TNI AL Bersama Masyarakat Siap Menjaga Kelestarian Lingkungan Guna Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, TNI AL mengajak seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup di sepanjang daerah aliran sungai, yang dilaksanakan secara serentak di 78 lokasi di seluruh wilayah nusantara.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa sungai adalah tempat tumbuhnya peradaban manusia, yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan dan transportasi. Selain itu, sungai juga memiliki fungsi penting bagi alam, yaitu sebagai pendukung utama kehidupan flora dan fauna.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa terhadap kelestarian lingkungan hidup guna mendukung strategi pemerintah dalam pembangunan kesehatan, pemantapan ketahanan air dan ketahanan nasional yang telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama untuk mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045”, ungkap Kasal.

Dalam kesempatan ini Laksamana TNI Muhammad Ali terjun langsung melaksanakan pembersihan sungai bersama Para Pejabat Tinggi TNI AL, serta para pejabat dari Kementrian, penanaman pohon dan pemberian sembako kepada perwakilan warga. Dihadapan awak media, Kasal menjelaskan keterlibatan personel TNI dalam kegiatan program kali bersih ini kurang lebih 13.000 personel yang berkolaborasi dengan seluruh masyarakat, warga, TNI-POLRI, Kementerian Lembaga, dan kedinasan-kedinasan yang berada di seluruh daerah.

Turut hadir dalam Program Kali Bersih di Cilincing diantaranya Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Jakarta, Perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Rofi Alhanif, Perwakilan Kementerian PUPR Muhammad Ade Rizaldi, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Ir. Sigit Reliantoro, serta pejabat terkait lainnya. Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Laporan : Nathanel Pangandaheng

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *