GELIAT INVESTASI DI KABUPATEN GORONTALO

Kepala Dinas PM & PTSP Kab.Gorontalo Ir. Ibrahim Jantu

Limboto, BARABERITA.COM Rabu 21/02/2018  Kabupaten Gorontalo sebagai daerah pengembangan industri perdagangan dan jasa dengan tingkat pertumbuhan investasi yang sangat tinggi. Pertumbuhan  investasi yang tinggi ini seiring dengan iklim ekonomi yang kondusif dengan system pelayanan cepat tepat dan murah melalui pelayanan terpadu satu pintu.

Nilai Investasi di Kabupaten Gorontalo sampai dengan pertengahan Bulan Desember 2017 telah mencapai Rp 1.650.000.869.208,00. Hal ini merupakan kepercayaan  Investor, baik dalam negeri (PMDN), Investor Asing (PMA) maupun Swasta Murni kepada pemerintah dan masyarakah Kabupaten Gorontalo.

Nilai investasi sebesar 1,65 trilyun diperoleh melalui usaha-usaha pemerintah dan pemerintah daerah dalam memacu percepatan berusaha khususnya di Kabupaten Gorontalo, dengan didominasi oleh perusahaan swasta murni, kemudian PMA dan PMDN dengan bidang usaha industry perkebunan, perdagangan, perumahan maupun industry kelistrikan. Saat ini ada beberapa perusahaan yang besar dalam pelaksanaan konstruksi antara lain PT. Seger Pangan Sejahtera, PT. Quantum Solar Gorontalo, dan lain-lain.

Ada beberapa kegiatan yang bertaraf nasional maupun internasional yang memicu meningkatnya investasi di Kabupaten Gorontalo. Kegiatan dimaksud meliputi “GREEN INVESTMENT MEETING 2017” Restructuring Strategis to Promote Investment in 17 Region Along Tomoni Bay yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2017 dengan menghadirkan peserta dari perusahan-perusahaan internasional sebagai pembicara demikian pula narasumber  yang hadal baik pusat maupun daerah.

Selain Green Investment Meeting, pemerintah daerah juga melaksanakan dua pertemuan penting lainnya, yakni KONFERENSI DANAU NUSANTARA yang menghadirkan para Bupati se Indonesia yang memiliki danau yang dilaksanakan pada bulan September 2017 dan terakhir pada KONFERENSI KELAPA NUSANTARA yang dilaksanakan pada akhir bulan November 2017. Kedua kegiatan diakhir tahun 2017 ini sangat penting untuk mendorong  investasi di Kabupaten Gorontalo.

Selain kegiatan dalam daerah untuk promosi investasi, pemerintah daerah melalui DINAS PENANAMAN MODAL & PTSP melakukan promosi diluar daerah dengan mengikuti pameran-pameran investasi yang bertaraf Nasional, Internasional maupun pameran-pameran dalam daerah di Provinsi Gorontalo.

Sumber : Kadis Penanaman Modal & PTSB Ir. Ibrahim Jantu

Editor : Arimin JW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *