SMA Negeri 5 Balikpapan Adakan Pelatihan Tenaga Perpustakaan Kelas

Balikpapan, BARABERITA.COM  Sabtu, 13/10/2018  Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa siswi tentang tenaga perpustakaan kelas, SMA Negeri 5 Balipapan pada hari Jum’at (12/10) bertempat di ruang laboratorium  komputer SMA 5 Balikpapan dilaksanakan Pelatihan Tenaga Perpustakaan Kelas, Pelatihan ini diadakan oleh perpustakaan SMA Negeri 5, mengundang pemateri dari Dinas perpustakaan dan arsip kota Balikpapan,  dengan tujuan untuk memberikan pembekalan materi dan praktek pengolahan bahan pustaka kepada tenaga perpustakaan kelas.  Peserta adalah perwakilan dari siswa kelas X dan XI dengan jumlah peserta 34 orang.  Pelatihan diadakan sejak pukul 08.00 hingga 15.00. Turut hadir dalam pelatihan tersebut Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan, Dra. Ririen Fridayati, Sekaligus membuka pelatihan,  Kepala Perpustakaan SMALA Silmy  Syufiana, S. Kom, Humas SMA Negeri 5 Balikpapan Dra. Marce Pandi, M.Pd

Pemateri dalam Pelatihan Tenaga Perpustakaan Kelas adalah Marlia T. Handayani, S.Kom dan Ratna Fitriyani, Amd, memberikan ragam materi diantaranya bagaimana mengelola perpustakaan dengan baik berdasarkan nilai histori dan perkembangannya hingga saat ini. Pustakawan juga memberikan materi tentang bagaimana teknologi informasi memudahkan akses dan pengelolaan perpustakaan melalui perangkat lunak. Selain itu juga, pustakawan memperkenalkan bagaimana situs perpustakaan menjadi satu kesatuan dengan beberapa sekolah binaan yang tergabung dalam Isekolah.

Pustakawan juga memberikan pelatihan mendasar mengenai bagaimana katalogisasi dan klasifikasi koleksi sehingga pelanggan memudahkan aksesnya. Dalam pelatihan ini, Pustakawan tak segan-segan membimbing satu persatu peserta sehingga mereka pun benar-benar mampu menyerap materi yang diberikan. Pustakawan juga memberikan ragam informasi bagaimana mengenal NET Generation yang kini menjadi tantangan bahkan nilai lebih sehingga kita dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik. Promosi dan membuat program untuk menyemarakkan perpustakaan sehingga ada nilai lebih yang didapat pelanggan juga diberikan oleh pemateri disamping memberikan bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik.

Di akhir sesi, para peserta diajak berkunjung ke Dinas perpustakaan dan arsip kota Balikpapan,  salah satu perpustakaan milik Pemkot Balikpapan. Di sana, peserta diharapkan terinspirasi apa yang dilakukan oleh staf perpustakaan Dinas Perpustakaan.

Laporan : Budi Abenk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *