PROGRAM MAGANG MAHASISWA ILMU ADMINISTRASI PUBLIK FIS UNG TAHUN 2021

Gorontalo, Baraberita.com – Rabu, 23/06/2021 – Perguruan Tinggi merupakan suatu lembaga pendidikan yang bertugas membentuk calon tenaga kerja yang berkualitas. Berbagai ilmu pengetahuan diberikan di Perguruan Tinggi. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi manusia yang berkualitas, yang tidak hanya mengguasai secara teori tetapi juga harus dapat merealisasikannya di lapangan atau dunia kerja melalui program magang.

Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, juga memberlakukan kegiatan magang  pada beberapa SKPD dan lembaga pemerintah di Kabupaten/kota Gorontalo. Program magang ini dimaksudkan untuk mendukung tercapainya kompetensi sarjana atau lulusan ilmu administrasi publik  yang mampu menganalisis setiap permasalahan di bidang administrasi publik/negara, maupun melaksanakan tugas dan fungsi di seluruh bidang dan kegiatan administrasi publik, dan mampu mengatasi dan mencari solusi dari berbagai permasalahan administrasi publik. Melalui program magang mahasiswa dapat memperaktekkan ilmu-ilmu yang didapatkan di bangku kuliah sebelum ia benar-benar terjun ke dunia kerja.

Ketua program stdui Dr. Fenti Tui, M.Si selaku ketua Program studi Ilmu Administrasi Publik menegaskan bahwa secara umum  tujuan pelaksanaan magang adalah

  1. Menambah pengalaman dan keterampilan dalam mencari pekerjaan. Serta menambah  wawasan untuk pengembangan potensi diri.
  2. Memperoleh pengetahuan praktis dan pengelaman menghadapi masalah-masalah dunia kerja sehingga mahasiswa dapat menyadari dan memahami kompleksitas dunia kerja.
  3. Mempelajari alternatif pemecahan masalah dan cara penetapan pemecahan masalah (perbandingan antara teori dan praktek).
  4. Mendapatkan akses terhadap fasilitas peralatan, prosedur tehnik maupun lainnya yang mungkin tidak di miliki ataupun tidak diajarkan di perguruan tinggi.
  5. Meningkatkan motivasi dan prestasi akademik melalui proses belajar yang dikaitkan dengan situasi kerja yang nyata ( learning by doing ).
  6. Mengembangkan mekanisme mawas diri mahasiswa untuk mengetahui kelemahan dan kekuatannya evaluasi diri (self evaluation) terhadap kinerja selama mengikuti program magang.
  7. Memperbaiki kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan.
  8. Megembangkan kepribadian, rasa percaya diri dan kedewasaan mahasiswa.
  9. Meningkatkan kesadaran akan luasnya kesempatan dan variasi kerja serta menciptakan kontak dengan lapangan kerja.

Lebih lanjut Dr. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M.Si selaku dosen pembimbing dan trainers  menyatakan bahwa mahasiswa peserta magang perlu mengikuti seluruh arahan dalam pembekalan agar pelaksanaan magang sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh Tim Pelaksana Magang. Mahasiswa lebih menunjukkan profesionalitas dan kualitas pelayanan publik di setiap lokasi magang pada situasi yang tidak lazim yakni era Pandemic Covid 19.

Untuk memaksimalkan tercapainya tujuan pelaksanaan magang, menurut Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si sebagai salah satu dosen pembimbing magang bahwa mahasiswa sebelum diserahkan kelokasi magang diberikan pembekalan melalui Choacing yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021. Lebih lanjut ditegaskan bahwa pada lokasi magang jangan sampai mahasiswa hanya mampu untuk melakukan distribusi surat atau hanya melakukan aktivitas pengetikan semata-mata. Tetapi lebih lanjut mahasiswa harus dapat memahami tugas pokok dan fungsi lembaga atau dinas dimana mahasiswa ditempatkan

Dari penjelasan panitia pelaksana, Yakob Noho Nani bahwa pelaksanaan magang diikuti oleh 60 peserta yakni mahasiswa program S1 Ilmu Administrasi Publik FIS Universitas Negeri Gorontalo Angkatan 2018/2019, Lokasi magang tersebar pada 18 SKPD di lingkungan pemda provinsi/kab/kota. Dalam melaksanakan aktivitas selalu memperhatikan protokol kesehatan.  

Laporan : Femmy ES. Gubali

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.