PENGUATAN KELEMBAGAAN BUMDES DALAM MENDUKUNG SDGS DI DESA HUIDU MELITO KEC. TOMILITO KAB. GORONTALO UTARA

Gorontalo Utara, Baraberita.com – Kamis, 04/11/2021 – Indonesia merupakan salah satu negara yang berkomitmen penuh mendukung pelaksanaan SDGs (Sustainable Development Goals), karena SDGs merupkan arus utama segenap pembangunan, baik di pusat maupun daerah. Komitmen ini dituangkan dalam Peraturan Presiden No 59 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals).

Agar SDGs Nasional dapat terwujud, SDGs Nasional diturunkan menjadi SDGs Desa.SDGs Desa diharapkan sebagai acuan untuk pembangunan desa tahun 2020-2024. Dengan narasi pembangunan sampai ke desa dengan pendekatan people centered development, membangun kelompok-kelompok masyarakat di lapangan, pembangunan langsung masuk kedesa. Keleluasaan diberikan kepada pemerintah desa untuk menentukan arah pembangunan desa yang sesuai dengan kondisi faktual di desa.

Salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendukung percepatan pencapaian pembangunan desa adalah melalui Program Penguatan Potensi Pengembangan Kerja Sama Desa dan Penguatan Potensi Kelembagan Desa. Hal ini dapat diwujudkan melalui kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan pihak Perguruan Tinggi melalui  Program KKN Tematik Desa M embangun period eke dua Tahnu 2021.

Program Penguatan Potensi Pengembangan Kerja Sama Desa dan Penguatan Potensi Kelembagan Desa di Kabupaten Gorontalo Utara khususnya  di Desa Huidu Melito, Kecamatan Tomilito dilakukan melalui kegiatan Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Bumdes yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNG pada tanggal 22 Oktober 2021 dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yakni Ali Opaladu, S.Pd, M.Pd, dan dihadiri oleh Aparat Desa,  Pengurus BUMDES, dan Tokoh Masyarakat.

Padak esempatan tersebut Dr. Fenti Prihatini Tui, S.Pd, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapanganmen jelaskan bahwa melalui kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan agar BUMDES bukan hanya sebagai lembaga desa yang dibentuk atas inisiasi masyarakat dan pemerintah desa, namun harus dikelola dengan optimal agar semua potensi ekonomi serta sumberdaya alam dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Kepala Desa Huidu Melito Anthon Tomba dalam sambutannya juga mengatakan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN tematik UNG sangat bermanfaat bagi pengembangan kelembagaan BUMDES di desa Huidu Melito dan pada akhirnya dapat mendukung percepatan pencapaian pembangunan desa.

Laporan : Nur F. Bolotio

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.