Pelantikan Forum Komunikasi Keluarga Batak Balikpapan (FKKBB) Periode 2023-2026 di Kota Balikpapan Kaltim

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Kamis, 12/01/2023 – Ada momen terpenting untuk keluarga besar Suku Batak dalam perantauan ke tanah Borneo tepatnya di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  Pada hari Kamis Tanggal 12 Januari 2023 pukul 19.10 Wita bertempat di Room Jelau Grand Hotel Senyiur Balikpapan Jl. ARS. Muhamad No. 7 Kelurahan Klandasan Ulu Kecamatan Balikpapan Kota telah dilaksanakan Kegiatan Pelantikan Forum Komunikasi Keluarga Batak Balikpapan (FKKBB) Periode 2023-2026

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wakil Ketua III DPRD Kota Balikpapan, Subari, Kaban Kesbangpol Balikpapan, Adwar Skenda Putra, Dandim 0905 Bpp, Letkol Arm Azhari, S.I.P,  Ketua Dewan Penasehat FKKBB Balikpapan, Kolonel (Purn) Donald Sitorus, Ketua FKPB Balikpapan, H. Soegito, Ketua Umum FKKBB Balikpapan, Ir. Sutan Manulu, Ketua FKKBB Wanita Balikpapan, Simurangkil, Ketua Persekutuan Dayak Kaltim, Lampang Bilung dan Para tamu undangan lain

Seperti pada acara resmi pada um umnya dimulai dengan Mmenyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Balikpapan, dilanjutkan dengan Doa, Prosesi pengukuhan pengurus FKKBB periode 2023-2026, Sambutan-sambutan,

Sambutan Ketua FKKBB Balikpapan, Ir. Sutan Manulu, Sebagai berikut :

“Yang saya muliakan para pengurus yang baru pada kesempatan ini Puji Tuhan acara pembukaan pengurus FKKBB periode 2023- 2026 telah berjalan dengan baik, ini adalah berkat kemurahan hati Tuhan yang maha kuasa.

Pada kesempatan ini saya bersyukur atas kehadiran Bapak/ Ibu sekalian semoga ini menjadi suatu starting poin buat pengurus yang baru dilantik untuk bisa bekerja sesuai dengan bidang tupoksi masing-masing.

Perlu saya sampaikan bahwa FKKBB ini adalah paguyuban bukan ormas jadi dengan paguyuban ini terbentuk dari beberapa tahun yang lalu dan kebetulan saya adalah sebagai ketua umumnya yang ke-3.

Selama ini kita sudah banyak ikut berpartisipasi di kota tercipta kita Balikpapan ini semua agenda-agenda dari persyaratan yang dilakukan oleh pengikut kita selalu berpartisipasi baik itu dalam acara budaya, kuliner atau acara-acara hari Nasional yang melibatkan semua paguyuban yang ada di Balikpapan mudah-mudahan kita bisa ikut berpartisipasi selama ini.

Jadi pada kesempatan ini juga perlu saya sampaikan bahwa jumlah populasi orang Batak yang ada di Balikpapan ini menurut data kami bahkan menurut statistika ± 27.000 orang, jadi sebenarnya ini potensi yang sangat potensial untuk mendukung program Pemerintah Balikpapan serta khususnya tingkat Nasional.

Mudah-mudahan FKKBB ini bisa menjadi salah satu komponen harapan kita salah satu garda terdepan dalam membangun Kota Balikpapan dimana banyak hal yang dibutuhkan oleh masyarakat baik itu dari akademisi, pengusaha dan dari sektor-sektor lain.

Pada saat ini juga Kota Balikpapan ini adalah pintu gerbang dari IKN semoga FKKBB ini bisa bisa menjadi bagian yang akan terlibat dalam mensukseskan program-program Pemerintah yang ada serta  mudah-mudahan ke depan apa yang menjadi target untuk kepengurusan di periode 2023-2026 ini bisa berjalan dengan baik.”

Sambutan Ketua Dewan Penasehat FKKBB Balikpapan, Kolonel (Purn) Donald Sitorus, Sebagai berikut :

“Bahwa acara pengukuhan pengurus FKKBB 2023-2026 ini bisa berjalan dengan lancar saya menyampaikan kepada pengurus dulu permasalahan ini pasti internal dan eksternal ini mungkin justru karena memimpin Batak harus jago argumen jadi kalau ketuanya harus jernih

Bahwa batak ini yang artinya dia harus cerdik seperti ular kalau begitu harus bercermin serta harus tulus juga untuk memimpin para organisasi kita ini.

Kalau secara eksternal saya melihat  Batak ini tidak pernah membuat masalah serta saya melihat  juga di Pemerintah Kota Balikpapan selalu tampil dan rukun dengan suku lain

Bahwa orang batak ini juga  sebenarnya juga menjunjung kata pepatah yang mengatakan di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung.”

Sambutan Walikota Balikpapan yang dibacakan oleh Kaban Kesbangpol Balikpapan, Adwar Skenda Putra, Sebagai berikut :

“ Pada kesempatan yang baik ini, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Balikpapan saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang hari ini dikukuhkan sebagai Pengurus FKKBB periode 2023-2026, semoga melalui Kepengurusan yang baru ini dapat semakin memantapkan kiprah FKKBB, bukan hanya sebagai wadah bagi warga batak di kota balikpapan, tetapi sebagai sarana untuk membangun kebersamaan warga batak dalam berkontribusi bagi kemajuan kota balikpapan.

Tahun 2023 ini kita berkomitmen sebagai tahun untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam rangka percepatan pembangunan daerah. Hal ini hanya akan dapat diwujudkan melalui kerukunan antar umat beragama dan antar masyarakat daerah.

Apalagi saat ini semakin mendekati tahun politik, tahun dilaksanakannya pemilu. Oleh karena itu saya berharap kita semua tetap dapat menjaga suasana kota balikpapan yang sejuk, tanpa ada fitnah, hoax, atau ujaran kebencian yang terkait dengan pemilu. Pilihan politik boleh berbeda, namun situasi aman dan kondusif harus tetap yang utama,

Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kota balikpapan, karena kemarin kota balikpapan menerima total 36 penghargaan dari pemerintah provinsi kaltim termasuk panji-panji keberhasilan pembangunan di berbagai bidang. Ini tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan dari seluruh masyarakat sehingga program pembangunan kita dapat berjalan dengan baik.

Mudah-mudahan ke depannya hal ini dapat terus dipertahankan, sehingga kita dapat mendorong kemajuan kota balikpapan menjadi pintu gerbang dan penyangga ibu kota negara sekaligus rumah yang nyaman dihuni bagi kita semua.”

Adapun Susunan Kepengurusan Forum Komunikasi Keluarga Batak Balikpapan (FKKBB) Periode 2023-2026, Sebgai berikut  :

  1. Ketua Dewan Penasehat : Kolonel (Purn) Donald Sitorus
  2. Penasehat :

1). S.B. Pasaribu

2). Kolonel AAF. Sembiring

3). R.W. Napitupulu, S.H

4). T. Dolok Pasaribu

5). Drs. T. Simajuntak

6). Ir. Imran Sarumpeat

7). Pnt. D. Siregar

8). Calon Tarigan

9). Gesta Padang, S.H

  1. Ketua Umum : Ir. Sutan Manalu
  2. Wakil Ketua :

1). Pantun Gultom

2). Ebenta Ginting

3). J. Budi V. Sumbayak

4). Samuel Barurea

  1. Sekretaris Umum : Ir. L. Dasa Tirta Situmorang
  2. Sekretaris 1 : Fretty Butar Butar
  3. Bendahara : Simorangkir BR Siahaan
  4. Bendahara 1 : Manotaz Banjarnahor

Inti dari pelantikan paguyuban ini adalah, Bahwa Dalam Kegiatan Pelantikan Pengurus FKKBB Kota Balikpapan Periode 2023-2026 semakin memantapkan kiprah sebagai wadah bagi warga Batak Di Kota Balikpapan.

Bahwa diharapkan di Tahun 2023 ini FKKBB Kota Balikpapan dapat berkomitmen sebagai tahun untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam rangka percepatan pembangunan daerah dengan mewujudkan melalui kerukunan antar umat beragama dan antar masyarakat daerah.

Tetap diperlukan monitoring setiap perkembangan situasi di wilayah guna pelaksanaan pengamanan personil materil serta kegiatan. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama.

Laporan : ONI BS

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *