Jelang Idul Adha, Ditreskrimsus Polda Kaltim Sidak Hewan Kurban

Balikpapan, BARABERITA.COM  Rabu 15/08/2018 Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, Tim Satgas Pangan Polda Kaltim yang dipimpin langsung oleh Dirreskrimsus Polda Kaltim Kombes Pol. Yustan Alpiani, SIK, SH,M.Hum., bersama Kepala DKPP Balikpapan melakukan sidak pemeriksaan kesehatan dan stok hewan kurban bertempat di Kampung Timur dan Peternakan Kilo 16 Balikpapan, Rabu (15/08/2018).

Kombes Pol Yustan Alpiani menjelaskan sidak ini untuk mengantisipasi peredaran hewan ternak yang tidak layak menjelang Idul Adha. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesehatan fisik, serta umur hewan ternak.

“Satu-persatu hewan ternak yang ada di pasar hewan tersebut diperiksa dengan teliti oleh petugas. Pemeriksaan hewan ternak ini, meliputi pemeriksaan gigi, untuk melihat umur hewan ternak dan pemeriksaan kesehatan tubuh seperti, mata, telinga, serta alat kelamin, yang menjadi syarat sahnya hewan kurban” tuturnya

Selanjutnya Yustan juga mengingatkan para pedagang tentang kesehatan hewan ternak yang dijual, seperti sapi, ayam dan kambing harus memenuhi syarat untuk diperjualbelikan. Kebersihan lokasi berjualan juga harus dijaga. “Saya harap, pedagang juga perlu memastikan kesehatan dagangannya untuk masyarakat pembeli,” pintanya.

Laporan : Sutikno

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *