INISIASI PROGRAM MEMBANGUN EKONOMI KREATIF DI DESA TANJUNG KARANG KEC. TOMELITO KAB. GORONTALO UTARA

Gorontalo Utara, Baraberita.com – Rabu, 03/11/2021 – Ekonomi kreatif adalah merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide, pengetahuan skill dan talenta, daripada sumber daya tenaga. Oleh karena itu, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Sehingga diperlukan pengetahuan tentang potensi diri dan lingkungan budaya setempat, dari warga kampung masing-masing sebagai sumber hidup dan tempat tinggalnya.

Berangkat dari permasalahan mitra, maka solusi yang ditawarkan pada program KKN Tematik tahun 2021  ini yang di integrasikan dengan program desa membangun oleh Kementrian Desa PDTT RI yakni bersama-sama dengan mahasiswa dan masyarakat  melaksanakan program pengabdian dalam bentuk  pembinaan usaha mandiri  ekonomi kreatif masyarakat Desa Tanjung Karang Kecamatan Tomelito Kabupaten Gorontalo Utara.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Negeri Gorontalo menggelar Inisiasi Penyuluhan Kelapa menjadi VCO untuk meningkatkan  penghasilan  di masa pandemic Covid 19 masyarakat Desa Tanjung Karang Kecamatan Tomelito Kabupaten Gorontalo Utara. Antusias dari masyarakat terlihat dari keaktifan ibu ibu yang tergabung di organisasi Dasa Wisma dari tiga dusun serius mengikuti kegiatan dimaksud. Kepala Desa Tanjung Karang Elwin Junus,  mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN  Tematik UNG yang telah melaksanakan program utama dan program tambahan seperti memberikan penyadaran melalui sosialisasi kepada masyarakat tentang pandemic covid 19 melalui sdengan gerakan membagi masker dan sanitaizer.

Kordes Tanjung Karang Dimas menjelaskan Program tambahan yang telah dilakukan oleh kami antara lain olah raga bersama siswa SD, menata kembali lingkungan Kantor Desa, Masjid dan sekolah SD dan fasilitas olah raga serta pembuatan batas dusun dan batas desa

Bersama masyarakat melaksanakan doa maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Untuk mempererat solidaritas dan sportivitas masyarakat Tanjung Karang maka dilakukan   Lomba Bola Volly , Bulu Tangkis, Bola Takraw dan Sepak Bola mini melalui ivent Liga Merah Maron Ujar Kordes

Dosen pembimbing lapangan Bapak Dr. H. Zuchri Abdussamad. S.I.K., M.Si  dalam arahannya pada acara penarikan mahasiswa KKN Tematik UNG  mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tanjung Karang dan masyarakat yang telah mendukung program utama dan program tambahan dari mahaiswa KKN dengan harapan kiranya masyarakat dapat melanjutkan apa yg sdh di inisiasi oleh  mahasiswa  bersama masyarakat.

Laporan : Nur F. Bolotio

 

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *