Ribuan Warga Padati Halaman Polres Balikpapan Ikuti Doa Bersama Jelang Pilkada

Balikpapan, BARABERITA.COM Jum’at 16/02/2018 Kegiatan doa bersama dan Deklarasi damai masyarakat kota Balikpapan, guna menciptakan situasi aman kondusif Selama pelaksanaan Pilkada Kaltim tahun 2018. Kamis tanggal 15 Februari 2018 pukul 16.00 wita bertempat di halaman Mako Polres Balikpapan telah berlangsung kegiatan Doa bersama dalam rangka terciptanya stabilitas politik dan keamanan yang kondusif di kota Balikpapan, dilanjutkan deklarasi damai dan penanda-tanganan spanduk deklarasi damai, oleh unsur Muspida Balikpapan, Pejabat perusahaan /BUMN, lintas tokoh dan lintas organisasi ( tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh Ormas, tokoh Adat, tokoh Mahasiswa,tokoh Partai Politik), dan undangan yang hadir sekitar 1.500 orang.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Walikota Balikpapan H Rizal Efendi SE, Kapolres Balikpapan Wiwin Firta YAP, SIK, Unsur Muspida atau yang mewakili, Tokoh agama – Ketua MUI KH, Kasim Palanju beserta Sekretaris H Jaelani. – Ketua PCNU KH. Mukhlasin -Ketua Muhamadiyah Ustad Hendro – Pimpinan Ponpes Km. 19 Kh. Zailani Mawardi -KH Mas’ud (Ponpes Al Mujahiddin) -KH Badrussamsi ( Ponpes Al Muttaqin) – KH. Fadli (Ponpes Sabulussalam) – Ustadz Abdul Latif Usman (Hidayatullah) – KH. Abdurrahman Hasan. Ida Bagus Kunta (Tokoh agama Hindu) – Biku Nanda Viro (Tokoh agama Budha) – Hendri Tatang (Ketua Majelis Agama Budha Terawada Bpp) – Pdt. Rumahorbo (Tokoh agama Nasrani) Kepala Kemenag Drs. H. Hakiminin, Ketua FKUB (H. Abdul Muis Abdullah) Ketua KPU kota Balikpapan, Ketua Panwaslu kota Balikpapan, Pimpinan perusahaan dan perbankan, Tokoh adat kota Balikpapan, Tokoh lintas Partai Politik Balikpapan. Tokoh Masyarakat, Ketua Ormas dan OKP kota Balikpapan, Para Santri Ponpes kota Balikpapn (Hidayatullah, Syaicona Cholil, Sabulussalam, As Sifa, Syech Arsad Ak Banjari, Al Mujahiddin, Ak Muttaqin). Tokoh mahasiswa HMI, GMNI, PMII.


Susunan acara sebagai berikut Pembukaan, Dzikir dan doa dipimpin oleh Kh. Zailani Mawardi – Bagi agama diluar Islam dusediakan ruangan tersendiri, sesuai agamanya masing-masing.Sambutan – Sambutan : Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, YAP SIK, Agar pilkada di Kota Balikpapan dapat berjalan dengan aman dan tertib, Kami panitia sangat berterima kasih dengan berlangsungnya acara ini, kita sangat berterima kasih bahwa kota Balikpapan saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif dan ini menjadi komitmet bersama, Di Polres Balikpapan telah terbentuk tim Bandit untuk melakukan kegiatan upaya preentif dan penegakkan hukum, saat ini Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan preentif di lingkungan masyarakat.

Sebagian besar masyarakat kota Balikpapan merasa aman namun hal tersebut sangat memberikan kesempatan terhadap pelaku kejahatan , sehingga polres Balikpapan sangat menghimbau agar masyarakat tetap waspada, Pilkada saat ini sudah memulai tahapan kampanye, yang mana Pilkada merupakan pesta demokrasi sehingga dalam pesta demokrasi agar dapat menggunakan pilihannya jangan terpengaruh dengan isu isu yang akan mengganggu pelaksanaan pilkada. Agar melakukan pencegahan terhadap berita Hoak di medsos yang oleh sebab itu sebagai masyarakat agar bijak dan dapat mencermati berita tersebut karena belum tentu kebenarannya sehingga dapat dikenakan UU IT dapat di pidana. Untuk menolak kampanye politik uang marilah kita jaga siap menang dan siap kalah jika merasa dirugikan ada jalur hukum yang telah di tentukan.

Indahnya perbedaan jangan sampai terpecah pecah yang mana kala disini kita berbeda beda, boleh berbeda di TPS aja setelah itu marilah kita ciptakan kebersamaan kembali, Agar menciptakan Kota Balikpapan merupakan kota layak dihuni dan Nyaman di Indonesia.” Walikota Balikpapan H Rizal Efendi SE dalam sambutannya “ Niat kegiatan ini untuk menjaga kota Balikpapan khususnya Kaltim yang mana di Tahun 2018 merupakan tahun politik baik gubernur maupun bupati seluruh Indonesia. Ucapan terima kasih Pemerintah Kota telah berlangsungnya kegiatan doa bersama dalam menghadapi tahun politik agar berjalan dengan aman dan kondusif. – Masih adanya tindakan kejahatan di Kota Balikpapan oleh sebab itu marilah kita merapatkan barisan dan bekerja sama menjaga kota Balikpapan.

Deklarasi damai dibacakan oleh Kepala Kementrian Agama Kota Balikpapan Drs. H. Hakimin diikuti semua hadirin : KAMI PARA TOKOH AGAMA. TOKOH MASYARAKAT, TOKOH POLITIK. TOKOH ADAT, AKADEMISI, ORMAS DAN INSTANSI PEMERINTAH BALIKPAPAN DENGAN INI MENYATAKAN SIAP UNTUK: 1. MENOLAK SEGALA BENTUK KAMPANYE MENGATASNAMAKAN AGAMA UNTUK MENDISKRIDITKAN AGAMA LAIN MAUPUN KELOMPOK LAIN YANG TIDAK SEPAHAM BERBEDA PILIHAN. 2. MENOLAK SEGALA BENTUK POLITISASI TEMPAT IBADAH KEAGAMAAN DIJADIKAN SEBAGAI SARANA KAMPANYE YANG DAPAT MEMECAH BELAH PERSATUAN UMMAT 3. MEMINTA KEPADA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT BALIKPAPAN MENDUKUNG PELAKSANAAN PILGUB 2018 SEBAGAI SARANA YANG MEMBAWA KEMASLAHATAN UMAT. 4.MENGAJAK KEPADA SELURUH STEKHOLDER, TOKOH AGAMA, TOKOH MASYARAKAT, PIMPINAN PARTAI, PARA CALON KEPALA DAERAH DAN PARA TIM SUKSES UNTUK MENJAGA NETRALITAS DALAM BERKAMPANYE SEBAGAI PENDIDIKAN DEMOKRASI YANG BAIK DAN MENCERDASKAN UMMAT 5. KAMI MENOLAK BLACK CAMPAGNE DAN MONEY POLITIK SERTA ISU SARA YANG MENCEDERAI NILAI NILAI DEMOKRASI 6. MENOLAK PAHAM RADIKAL YANG MENYUSUP KE SEMUA LINI MASYARAKAT YANG DAPAT MEMECAH BELAH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA. 7, KAMI SIAP MENJAGA KEUTUHAN DAN MEMPERKOKOH NKRI DARI SEGALA BENTUK RONGRONGAN DAN ANCAMAN IDIOLOGI NEGARA BAIK DARI INTERNAL MAUPUN EXTERNAL. 8, SIAP BERKOMITMEN DAN MENJAGA KERUKUNAN DAN PERSATUAN UNTUK MENCIPTAKAN BALIKPAPAN YANG AMAN..

Acara selesai pukul 18.00 wita, sebelumnya diakhiri ramah tamah serta foto bersama, Kasat Intelkam AKP. Ustadz H. Sarbini, SH hadir pula pada acara tersebut kepada BARABERITA.COM menyampaikan banyak terima kasih atas pemberitaan yang sifatnya mengedukasi masyarakat.

Laporan : Arimin JW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *