27 Juli 2024

Gubernur Himbau OPD Agar Konsisten Gunakan Anggaran

0

Mamuju Sulbar,  BARABERITA.COM  Kamis 16/08/2018  Penyerapan APBD 2018 di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Sulbar belum maksimal, bahkan beberapa diantaranya terlambat dalam penyerapan anggaran. Untuk itu, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar meminta OPD untuk memaksimalkan penyerapan anggaran.
Itu disampaikan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar pada rapat kerja OPD yang berlangsung di ruang pertemuan Lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Kamis, 16 Agustus 2018

“Setiap OPD harus konsisten dalam menggunakan anggaran, khususnya bagi yang terlambat penyerapannya,  sehingga anggaran yang telah diberikan pemerintah pusat dapat dimaksimalkan. Kita tidak ingin anggaran kita kembali ke pusat, jadi tolong OPD yang penyerapannya terlambat agar memperhatikan hal itu, jangan selalu meninggalkan tempat, kalau perlu lakukan koordinasi kesemua OPD, tandas Ali Baal.

Plt. Kepala BPKPD Sulbar Amir Biri pada kesempatan tersebut mengemukakan, beberapa OPD dinilai masih kurang maksimal, bahkan terjadi keterlambatan dalam penyerapan anggaran APBD 2018. “Meski demikian,   secara umum penyerapan anggaran itu jika berdasarkan data  per 10 Agustus  sudah mencapai 47,44 persen,”sebut Amir Biri.
Beberapa OPD yang dinilai lambat tersebut diantaranya, Dinas Kelautan dan Perikanan baru sekitar 38, 72 persen, Dinas Pertanian sebesar 35,41, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Sulbar sebesar 32,30, Badan Pengembangan SDM sebanyak 30,14 dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PURP) sebesar 23, 92 persen. Selain membahas masalah penyerapan anggaran, dalam rakor itu juga  membicarakan terkait persiapan jelang perayaan HUT RI ke-73, serta menyambut pelaksanaan HUT Sulbar ke- 14.

Menyinggung pelaksanaan HUT Sulbar ke- 14, terdapat beberapa kegiatan akan dilaksanakan seperti melaksanakan seminar kebudayaan, rencana pameran pembangunan yang melibatkkan kabupaten di Sulbar, dengan konsep menampilkan produk-produk lokal masing-masing daerah.

Pada rakor tersebut Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Asisten Pemerintahan M. Natsir, Asisten Bidang Pembangunan Hamzah dan Asisten Bidang Administrasi Djamila.

Laporan : Awi A

 

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *