Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Balikpapan Adakan Pelatihan Pencegahan Penanggulangan Bencana

Balikpapan, BARABERITA.COM  Minggu, 16/12/2018  Gerakan pramuka kwartir cabang kota Balikpapan mengadakan kegiatan pelatihan dapur umum pada hari Minggu,tanggal 16 desember 2018 pukul  07.00 s/d 16.00 wita, kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Pusdiklat cabang kota Balikpapan.
Kegiatan dapur umum dihadiri oleh masing-masing, ketua kwartir cabang gerakan pramukan kota Balikpapan H. Rahmad Masud,SE, yang juga sebagai wakil walikota Balikpapan, Dispora diwakili kabid Kepemudaan, Silvia Ramadina, Sekretaris kwartir cabang kota Balikpapan H.Slamet Junaidi, Pelatih Pusdiklat Kwartir Cabang Pramuka Kota Balikpapan.

Ketua panitia hj. DARMIRA NITRI SAFITRI dalam sambutannya, “ Selamat datang kakak-kakak pembina selaku peserta pencegahan penanggulangan bencana, kali ini  materi pelatihan kita tentang dapur umum. Materi dapur umum merupakan bagian dari penanggulangan bencana, sangat penting untuk kita ketahui, agar bisa membantu korban bencana, kegiatan pelatihan pencegahan penanggulangan bencana merupakan kegiatan kepramukaan yang dipimpin Waka bidang penanggulangan bencana kwartir cabang kota Balikpapan, H. Ir. Ahmad Basir. Tujuannya pelatihan dapur umum diadakan agar pembina pramuka dapat menyalurkan ilmu ke pembina lain dan ade-ade pramuka di wilayah ranting masing-masing. Begitu juga ketika ada bencana pramuka sudah tau bagaimana cara membantu di dapur umum.”
Ketua kwartir gerakan pramuka cabang kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud, SE, sangat mengparesiasi usaha dan kegigihan para pembina dari masing-masing ranting, menurut haji Rahmad, apa yang dipelajari saat ini adalah modal besok atau nanti, karena tidak ada bencana pun keseharian kita pasti makan, ilmu yang didapat disini itu yang kita pakai.

Peserta kegiatan dapur umum diikuti dari masing-masing perwakilan kwartir ranting yang terdiri dari ranting Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan,  Balikpapan Timur, Balikpapan Tengah, Balikpapan Barat, Balikpapan Utara dan setiap ranting mengirimkan 4 orang.peserta, total yang ikut pelatihan 24 pembina. Materi dapur umum dibimbing langsung dari PCPI ( perkumpulan chef profesional Indonesia ) Yaitu chef Eeng, chef Lukman, chef Egga dan chef Tina. Chef Eeng mengatakan, “ Yang paling penting  pada saat kita berada di dapur umum, kita melihat atau mengecek dulu kelengkapan dan bahan, Baru kita bisa mengetahui menu apa yang akan dibuat,  misalkan bahan yang ada telur dan mie ini bisa diolah menjadi Mie Saus Telur, Mie sedap wangi, Mie Jawa, dan Mie Otak-otak.
Peserta yang mengikuti pelatihan dapur umum sangat antusias memperhatikan cara membuat menu yang diajarkan para chef professional ini, diantara peserta ada mengajukan  pertanyaan ke chef dan chef langsung menjawab sekaligus mengajak semua peserta mempraktekkan.
Laporan : M. Ali Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *