29 Maret 2024

DPRD Dukung Penuh, Pemerintah Kota Balikpapan Bagi Seragam Sekolah Gratis

0

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Rabu, 29/06/2022 – Anggota DPRD kota Balikpapan Parlindungan sangat mendukung upaya Pemerintah Kota Balikpapan

menyalurkan pemberian seragam sekolah gratis kepada seluruh siswa pada awal tahun ajaran 2022, yang saat ini sedang dilakukan.
Sesuai program RPJMD Walikota Balikpapan, pemerintah kota menggratiskan seragam sekolah untuk kelas 1 SD dan kelas 7 SMP.
Pemerintah Kota Balikpapan mulai menyalurkan pembagian seragam sekolah gratis kepada seluruh siswa pada awal tahun ajaran 2022 ini.

Penyaluran seragam sekolah gratis ini merupakan salah satu realisasi dari janji program RPJMD Wali Kota, yang diperuntukkan kepada seluruh siswa baru yang mulai masuk ajaran baru, dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama/Sederajat.

Seragam gratis ini untuk semua murid baru, bukan hanya untuk siswa sekolah negeri saja, namun juga Swasta. Dalam program RPJMD wali kota tidak menyebutkan bahwa yang berhak menerima seragam gratis ini siswa negeri atau swasta.

“Sejak dari awal, statemen beliau (Pak Walikota) sudah cukup jelas, tidak ada pembedaan swasta dan negeri,” ujar Parlindungan saat ditemui di kantor DPRD Balikpapan, Rabu 29 Juni 2022.
Saat pertemuan dengan Dinas Pendidikan, juga dijelaskan tidak ada memisahkan antara swasta dan negeri. Yang ada statemennya adalah gratis seragam sekolah bagi anak didik kelas 1 SD dan kelas 7 SMP.

Hal ini perlu lebih dijelaskan agar informasi yang diterima masyarakat tidak simpang siur. Kalaupun ada hal-hal yang perlu dikroscek kembali, pihaknya akan pertanyakan kepada Walikota, mengingat itu program beliau demi membantu masyarakat Balikpapan.

“Sepanjang yang saya ketahui, bahwa pembagian gratis seragam sekolah ini tidak ada diskriminasi, negeri maupun swasta,” jelas anggota komisi IV DPRD Balikpapan ini.

Bahkan sekolah swasta ada penambahan subsidi uang SPP untuk siswa SD dari kelas 1-6 sebesar Rp 75 ribu, dan SMP kelas 7-9 sebesar Rp 110 ribu. Dengan harapan, tidak memberatkan warga untuk membayar SPP-nya. Ia menilai program RPJMD Walikota Balikpapan layak diapresiasi, dan ia anggap sangat luar biasa.
Program ini dimulai pada anggaran tahun 2022, karena tahun 2021 masih pejabat Walikota lama (Rizal Efendi). Sehingga program ini baru berjalan pada tahun 2022 saat ajaran baru dimulai.

“Masyarakat harus paham, tidak salah paham, kenapa tahun 2021 tidak dapat seragam dan SPP gratis. Jadi, karena program pak Walikota baru berjalan tahun ini,” ucap Parlindungan bangga.

Hasil pantauan media ini, sudah beredar video penegasan Walikota Balikpapan Rahmad Masud, yang mengatakan tahun 2022 ini untuk tingkat SD dan SMP akan menerima baju gratis seragam 3 set. Pemerintah juga akan memberikan subsidi SPP untuk sekolah swasta, yang nilainya untuk SD sebesar Rp 75 ribu per siswa dan SMP senilai RP 110 ribu per siswa, yang dimulai pada tahun ajaran baru tahun 2022 ini.

“Selain diberikan seragam sekolah, untuk siswa baru sekolah swasta juga akan diberikan subsidi SPPnya,” tegas Parlindungan.

Laporan : Yusni

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *