Dinas Pertanian Kabupaten Paser Serahkan Alat Pertanian

Tana Paser, BARABERITA.COM Sabtu, 29/12/2018 Pelaksanaan pameran pembangunan Kabupaten Paser 2018 menjadi anugerah tersendiri bagi petani dan kelompok tani di Kabupaten Paser. Pasalnya, Dinas Pertanian menyerahkan sejumlah alat pertanian, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Yursiansyah, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Karoding.
Alat-alat yang diserahkan bersumber dari pendanaan APBD dan APBN. Adapun alat yang diserahkan terdiri dari hand tractor atau traktor tangan sebanyak 4 unit, cultivator atau alat penyiang mekanis 6 unit, power thresher atau mesin perontok 17 unit, lalu pompa air dan pencacah rumput masing-masing 1 unit. Semua alat ini berjumlah unit dan berasal dari dana APBD.
Sementara itu alat yang merupakan bantuan atau dibeli dengan dana APBN terdiri dari traktor roda 4 sebanyak 10 unit, pompa air 95 unit, cultivator 23 unit, power thresher 3 unit, Pindad Traktor Multiguna atau PTM 5 unit, combine harvester atau alat panen padi 5 unit, lalu ada corn planter atau alat penanam jagung sebanyak 37 unit.
Selanjutnya, masih dari dana APBN, ada corn sheller atau alat pemipil jagung sebanyak dan hand sprayer atau alat penyemprot 25 unit dan TR2 rotary 10 sebanyak 5 unit.
“Selain bantuan alat produksi pertanian atau Alsintan, ada juga bantuan bibit padi sawah, padi ladang, jagung, bibit durian, cabe, dan bawang merah,” kata Karoding.
Laporan : Evan RS. Lintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *