Biro SDM Polda Sulawesi Utara Lakukan Tes Psikologi bagi Perwira dan Pemegang Senpi di Polres Bitung

Bitung, BARABERITA.COM Sabtu, 24/11/2018 Polres Bitung menerima kunjungan Tim Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulawesi Utara (Sulut), yang dipimpin oleh Kabag Psikologi, Kompol Winarko didampingi Kasubbagpsipol, Kompol Revly Kaunang, Jumat (23/11/2018).

Kedatangan tim disambut oleh Wakapolres Bitung, Kompol Adi Saptia Sudirna beserta sejumlah pejabat utama dan perwira. Sesaat kemudian, diadakan pertemuan di Aula Endra Dharma Laksana Mapolres.

Kabag Psikologi mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk melakukan tes kemampuan psikologi bagi para perwira (mapping perwira) Polri serta uji psikologi bagi para pemegang senjata api (senpi) dinas.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para personel yang sudah mengisi data profil klinis psikologi. Data ini, lanjut Kabag, dirujukkan kepada seluruh personel yang diutamakan berdinas dua tahun di satuan fungsi maupun Polsek jajaran.

Data tersebut berfungsi sebagai bahan evaluasi tentang kejenuhan di tempat kerja. “Akan kami evaluasi tingkat kejenuhan personel, jika itu telah sampai pada tingkat atau level tertinggi maka rekomendasi kami salah satunya yaitu mutasi atau rolling tempat maupun fungsi,” ujar Kabag.

Selain itu, sambungnya, juga untuk mengevaluasi tingkat stress personel di tempat kerja karena kebosanan, sehingga menimbulkan rasa malas datang ke kantor dan sebagainya. “Untuk hal-hal seperti ini, bisa dikonsultasikan kepada kami maupun di Biddokkes,” saran Kabag.

Dijelaskan Kabag Psikologi, pihaknya juga bertugas melayani konseling bagi seluruh personel Polri yang mempunyai permasalahan baik di dalam maupun di luar dinas.

Sementara bagi para pemegang senpi dinas, Kabag meminta agar mematuhi SOP. “Wajib memiliki kartu pemeriksaan hasil tes psikologi, dan jika hasil tes tidak memenuhi syarat, maka personel tersebut tidak diperkenankan memegang senpi dinas,” pungkasnya.

Laporan : Sofyan Taib

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *