AAI PROVINSI GANDENG UT BERDAYAKAN PENGELOLA ARSIP DINAMIS

Pohuwato – Gorontalo, Baraberita.com – Kamis, 14/10/2021 – Setelah kegiatan   Konferensi Wilayah memilih Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia  tingkat Wilayah Provinsi Gorontalo  terpilih sebagai ketua AAI  Wilayah Provinsi Gorontalo yakni Dr. H, Zuchri Abdussamad, S,I,K., M.Si Periode 2021 – 2026.   Ketua terpilih  berjanji akan membawa bendera AAI ini berkibar di Jazirah provinsi Gorontalo melalui kerja kerja yang professional dan terukur bersama Pengurus AAI Wilayah Provinsi Gorontalo Periode 2021-2026.

Perwujudannya, Ketua terpilih melaksanakan silaturahim dan konsolidasi  di beberapa daerah yang diawali Pemda Kabupaten Pohuwato pada hari Rabu, 13 Oktober  2021 yang alhamdulilah diterima langsung Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato Hj. Suharsi Igirisa,S.IP, M,Si  di ruang Aula Kantor Bupati. Pada silaturahim tersebut Ketua AAI Wilayah Provinsi Gorontalo menyampaikan idealnya arsiparis sebagai pelayanan informasi kearsipan sebaiknya ada di setiap SKPD karena  menunjang tertatanya dokumen kegiatan  yang telah dilakukan dalam  bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam bentuk arsip dinamis dan arsip statis.

AAI  Provinsi Gorontalo bersama Universitas Terbuka Gorontalo akan membantu bagaimana mengembangkan  SDM pengelola arsip dimasing masing SKPD  bisa menata, menyediakan dan menemukan dokumen data secara cepat. SDM arsiparis di Kabupaten Pohuwato baru berjumlah 5 (lima) orang sehingga diberikan kesempatan untuk  pengelola arsip bisa mengembangkan Ilmu kearsipan ini pada Prodi DIV Kearsipan Universitas Terbuka Gorontalo. Pada kesempatan yang sama Direktur UT Gorontalo  Andi Suci Anita, S.P., M.P  memaparkan bagaimana geliat dan prospek Prodi DIV Kearsipan dalam menunjang digitalisasi arsip dewasa ini.

Wakil Bupati Hj. Suharsi Igirisa,S.IP, M,Si  bersama Asisten I menyambut baik kedatangan tim Universitas Terbuka dan Asosiasi Arsiparis Indonesia Wilayah Provinsi Gorontalo  untuk bersama sama dengan  Pemda Kabupaten Pohuwato dalam rangka meningkatkan SDM pengelola Arsip dan tenaga Arsiparis yang baru berjumlah 5 orang. Apalagi dewasa ini   upaya konkrit  untuk membangun efektivitas komunikasi dan informasi melalui sistem tata kelola kearsipan dan pelayanan informasi kearsipan merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan, termasuk sistem informasi kearsipan dinamis di Kabupaten Pohuwato yang berbasis digitalisasi

Kunjungan dilanjutkan ke Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pohuwato dalam rangka menjaring program dan penelusuran dokumen arsip budaya  Sekertaris Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Pohuwato, Provinsi Gorontalo  Dr. H. Harson Towalu, S.Pd., M.Pd  yang baru kemarin dilantik  menjelaskan bagaimana upaya yang telah dilakukan untuk mengangkat profesi pengelola arsip daerah dengan cara memfasilitasi sarana dan prasarana penunjang kearsipan  dan perpustakaan di daerah ini.

Selanjutnya silaturahim AAI dan UT Gorontalo hari ini Kamis, 14 Oktober 2021 dilanjutkan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Kabupaten Gorontalo Utara dalam rangka pemberdayaan tenaga pengelola arsip. Sesuai jadwal  akan diterima langsung Kadis Kearsipan dan Perpustakaan  Kabupaten Gorontalo Utara  Salha Uno, S.Pd, M.AP

Laporan : Nur F. Bolotio

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *