179 Jurnal PTKI Terakreditasi

Jakarta, BARABERITA.COM Selasa 14/08/2018  Sebanyak 179 jurnal di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) kini sudah terakreditasi. Hal ini terungkap dalam acara Temu Pengelola Jurnal pada PTKI, di Jakarta,  Kamis (09/08).

Acara ini dihadiri 42 pengelola Jurnal di PTKI. Di antara jurnal yang ada,  bahkan telah berhasil memperoleh akreditasi mencapai Sinta 1 dan Sinta 2.

“Saya bahagia mendengar keberhasilan ini. Namun pencapaian ini tentu harus terus ditingkatkan dan tetap memperhatikan kualitas dan akuntabilitas jurnal,” sambut Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Menurutnya, dalam meningkatkan kualitas jurnal, perlu diadakan konsorsium rumpun keilmuan sehingga penyemaian keilmuan terus berkembang. Keberlangsungan publikasi ilmiah ini harus terus ditumbuhkan melalui kewajiban publikasi di lingkungan pasca sarjana.

Senada dengan Kamarudin, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim menyampaikan, proses terakreditasinya jurnal saat ini dengan kenaikan 300% bukan pekerjaan tiba-tiba, tapi melalui proses yang panjang. Karena itu, patut juga disampaikan terima kasih pada Subdit Penelitian khususnya seksi Publikasi Ilmiah yang sudah bekerja untuk hal itu.

“Ke depan, jurnal terakreditasi ini harus lebih didorong ke scopus, misalnya,” ujarnya.

Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Suwendi, M.Ag., menyampaikan bahwa pencapaian tersebut merupakan buah kegigihan dan semangat para pengelola jurnal yang patut diapresasi. Meskipun demikian, peningkatan lebih lanjut mutlak diperlukan dengan berbagai tantangan dan kendala yang ada, di antaranya aspek regulasi, pengelolaan jurnal, anggaran, hingga komunikasi pengelola-penulis.

Kegiatan ini juga dihadiri Kasi Publikasi Ilmiah, Zulfakhri Sofyan, M.Ed., Kasi Penelitian dan Pengelolaan HKI, Dr. Mahrus, M.Ag, dan Kasi Pengabdian pada Masyarakat M. Aziz Hakim, M.H., beserta staff.

Laporan : Rommy Sumampow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *