TNI AL GELAR BERSIH-BERSIH DI PANTAI PEGANETAN BULELENG BALI

Buleleng – Bali, Baraberita.com – Minggu, 20/06/2021 – TNI Angkatan Laut (AL) dalam hal ini Lanal Denpasar bersama sejumlah komponen masyarakat menggelar acara bersih pantai di kawasan Pantai Dusun Pegametan, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali. Sabtu (19/06/2021).

Kegiatan bersama Bersih Bersih Bali – Clean Up dan Edukasi Pengelolaan Berbasis Sumber dilakukan Bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, sejumlah camat, kepala desa dan kelompok pecinta lingkungan dari Karang Taruna Kecamatan Gerokgak, Sasmita Pradana Utama Desa Sumberkima, Sekaa Demen Grokgak, Pramuka Peduli Lingkungan dan BSK hingga dari anak-anak Sekolah Alam, Desa Sumberkima.

Kegiatan Clean Up dan Edukasi Pengelolaan Berbasis Sumber ini digelar sebagai bentuk edukasi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah langsung dari sumber. Dengan target lingkungan di sekitar akan menjadi bersih dan asri.

Menurut Komandan Lanal Denpasar yang diwakili oleh Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Pangkalan TNI AL Denpasar Mayor Marinir Nyoman Suarmika mengatakan, kegiatan bersih pantai merupakan edukasi buat masyarakat agar tidak terbiasa membuang sampah sembarangan. Lebih lanjut beliau menyebut, pemerintah daerah telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) soal tata kelola sampah plastik dan telah diberlakukan untuk mendukung kebersihan. Namun kebiasaan warga membuang sampah sembarangan masih terus terjadi.

“Semua potensi yang memberikan kontribusi sampah plastik sudah dikurangi, seperti mini market dan pusat perbelanjaan lainnya. Hanya saja kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan belum sepenuhnya tumbuh. Terbukti masih ada sampah plastik yang membuat kotor,” ujar Mayor Mar Nyoman Suarmika yang mewakili Dan Lanal Denpasar dalam kegiatan tersebut.

Karena itu, Mayor Suarmika mengajak dari lingkungan terkecil keluarga lebih peduli dengan terlebih dahulu memilah sampah sejak dari rumah. Harapannya, kebiasaan itu akan berpengaruh besar terhadap kebersihan lingkungan dan keselamatan masa depan lingkungan Bali.

“TNI AL sebagai leading sector di pesisir pantai sangat mendukung kegiatan yang diprakarsai oleh kelompok Bersih-Bersih Bali. Tiga Pos AL yakni Gilimanuk, Celukan Bawang dan Sangsit dilibatkan dalam kegiatan tersebut, sebagai bentuk komitmen TNI AL mendukung semua upaya untuk melakukan kebersihan laut,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang kepala desa (perbekel) yang ikut dalam kegiatan itu, Putu Arya Suyasa mengaku mendukung kegiatan bersih pantai yang diprakarsai bersama Bersih Bersih Bali dibawah Gus Norma serta TNI AL dan unsur lainnya.

“Saya berharap semangat bersih-bersih pantai ini akan digetok tularkan dari keluarga, tetangga hingga masyarakat. Dan di Desa Sangsit gerakan itu telah dimulai,” ujarnya.

Laporan : Arimin JW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *