Tips Menghadiri Undangan Pernikahan Saat Masa Pandemi COVID-19

Jakarta, Baraberita.com – Minggu, 20/06/2021 – Pandemi Covid-19 yang mulai terjadi di awal tahun 2020 tidak hanya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan, tapi juga membuat banyak rencana penyelenggaraan acara-acara besar terpaksa harus batal atau ditunda, termasuk pesta pernikahan.

Tidak sedikit pasangan pengantin yang menunda sampai waktu yang tidak ditentukan, tapi ada juga sebagian pasangan yang memutuskan untuk tetap melanjutkan pernikahan dengan membuat pesta kecil sebagai gantinya.

Entah itu kerabat atau teman baik yang menikah, bila kamu merasa tidak nyaman untuk menghadiri pesta pernikahan di masa seperti sekarang ini, kamu berhak untuk menolak datang. Namun, bila kamu memutuskan untuk hadir, berikut ini tips aman menghadiri pesta pernikahan agar kesehatan dan keselamatan kamu dan orang lain tetap terjaga.

1. Pastikan ada protokol kesehatan yang diterapkan oleh penyelenggara
Apabila akan menghadiri sebuah acara pernikahan, maka pastikan penyelenggaraan pesta tersebut sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Namun, apabila tidak mematuhi protokol kesehatan, kitab berhak untuk tidak menghadiri acara tersebut.

2. Jika sakit atau tidak enak badan tunda/batalkan kehadiran
Patikan kondisi badan yang fit untuk menghidari pesta pernikahan. Apabila tidak enak badan, diimbau untuk tidak bepergian keluar rumah untuk menghindari penularan Covid-19

3. Selalu memakai masker mulai dari keluar rumah hingga kembali kerumah
Mengenakan masker adalah cara paling efektif agar kamu bisa menghadiri pesta pernikahan dengan aman dan nyaman. Bahkan bila kamu berada di luar ruangan, tetap patuhi protokol kesehatan dan kenakan masker, apalagi bila kamu berada dalam jarak dekat dengan orang lain. Kamu harus tetap mengenakan masker, termasuk saat berfoto bersama pengantin dan kerabat yang datang ke resepsi.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masker sudah menjadi perlengkapan yang wajib digunakan saat kamu ingin bepergian ke mana pun, termasuk menghadiri pesta pernikahan. Jangan khawatir, kamu tetap bisa tampil cantik kok meski mengenakan masker. Kini, banyak dijual masker dengan desain yang mewah dan elegan yang cocok digunakan untuk menghadiri acara formal, seperti pesta pernikahan.

4. Hindari mengobrol dengan orang lain saat makan
Bila kamu ingin menghadiri pesta pernikahan selama pandemi COVID-19, ada baiknya kamu mengurangi bersosialisasi dengan orang lain sebelum acara tersebut. Artinya, lewatkan hang out bersama teman-teman di restoran, berbelanja di mall, kencan di café, kecuali benar-benar penting. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko tertular virus dan menyebarkannya di pesta pernikahan yang akan kamu hadiri nanti.

5. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain
Virus Corona sangat mudah menular, sehingga penting untuk menjaga jarak dengan orang lain. Tidak bisa memberi pelukan ucapan selamat kepada sahabat terdekat yang sedang menikah memang menyedihkan. Namun ingat, saat ini yang terpenting adalah menjaga keamanan semua orang. Sebagai tamu undangan yang baik, kamu tentunya tidak mau membuat pasangan pengantin merasa tidak nyaman dengan berdiri terlalu dekat dengan mereka.

Oleh karena itu, tetap menjaga jarak sejauh enam kaki dengan orang lain selama menghadiri pesta pernikahan. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri, tapi dengan sedikit perhatian ekstra, kamu masih bisa merayakan momen bahagia tersebut bersama teman dan keluarga dari jarak yang aman.

6. Selalu mencuci tangan berkala menggunakan sabun
Beberapa pakar kesehatan percaya bahwa virus Corona bisa menempel di berbagai benda dan menular dengan melakukan kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi tersebut. Penting untuk mencuci tangan sesering mungkin.

Cara terbaik adalah pergi ke kamar mandi dan cuci tangan kamu dengan sabun dan air hangat selama 20 detik. Namun, kamu juga dianjurkan untuk selalu membawa hand sanitizer berbahan dasar alkohol, sehingga kamu bisa membersihkan tangan kamu sesering mungkin selama perayaan.

7. Utamakan salam “Namaste” dan batasi waktu ketika di lokasi
Namaste ini bisa digunakan sebagai pengganti berjabat tangan yang biasa dilakukan orang Indonesia. Gerakan namaste dikenal dalam olahraga yoga. Biasanya, orang yang selesai latihan yoga akan mengucapkan namaste diikuti dengan gerakan mengatupkan kedua tangan di dada.

Sebaiknya berikan salam namaste dari jarak yang cukup jauh, agar teman atau kerabat sudah mengetahui kamu akan memberikan salam namaste.

Laporan : Atriani Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *