SMA NEGERI 5 BALIKPAPAN ADAKAN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE 93 DAN PELANTIKAN PENGURUS OSIS 2021-2022

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Kamis, 28/10/2021 – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 93 Kamis tanggal 28 Oktober 2021, keluarga besar SMA Negeri 5 Balikpapan (Smala) mengadakan upacara bendera di halaman sekolah. Peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Menurut Dra. Martje Pandi, M.M bagian humas SMA Negeri 5 Balikpapan, Bertindak sebagai Pembina upacara Drs. H. Imam Sujai, M.Pd selaku kepala sekolah dengan Komandan Upacara Rayzhan Aditya siswa kelas XII IPA 4 upacara diikuti guru-guru, staf tata usaha, siswa siswi perwakilan kelas X, XI, XII serta siswa siswi yang berprestasi.

Petugas upacara sebagai berikut Protokol : Khalishah Salsabila (XI IPA 1) Pancasila : Fransiska Dessora Sinaga (XI IPA 6)
UUD : Annida Marsya Aulya S. (XI IPA 1) Doa : Tegar Yudha (XI IPA 3) Pemimpin Upacara : Rayzhan Aditya (XII IPA 4) Pleton : Ivander Julian (XI IPA 5) & Muhammad Aditya S. (X IPA 2)
Pengibar:  Andy Patra V. (XII IPA 3)  Aryanta T. (XII IPS 2)  Audo Jeremy G. (XI IPS 1) Pembawa baki : Hartika Julianty (XII IPS 2) Pasukan : Fadhilah Rahmah (XII IPA 5) Dwi Handayani (XII IPA 5)  Khairunnisa Kanesha H. (XII IPA 5)  Nurushofia Dwi A. (XII IPA 5) Azmilatuz Azzahra (XII IPA 6)  Aura Rizky (XII IPS 3)  Daviena Marsha (XII IPS 3)  Khalishah Salsabila Z. (XI IPA 1)  Archie Putera U. (XI IPA 3) Yemima Renata Turnip (XI IPS 1)

Upacara sumpah pemuda tahun ini merupakan upacara pertama yang dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dengan peserta upacara terbatas, mengingat status PPKM masih level dua, pelaksanaan upacara tetap mengikuti protokol kesehatan (standar Covid – 19).

Kepala sekolah Drs. H. Imam Sujai, M.Pd dalam inti sambutannya mengajak seluruh anak didiknya untuk memiliki semangat juang seperti yang dimiliki para pemuda masa lalu, “ Betapa besar rasa patriotesme para pemuda dulu, mereka belajar dari sejarah dan bersatu untuk berjuang melepaskan belenggu dari penjajahan, saat ini kita bangsa Indonesia dihadapkan dengan masa pandemik Covid – 19 yang mewabah dan menyerang sebagian penduduk dibelahan dunia, ada catatan yang membekas dalam keseharian kita dikurun waktu bulan maret 2020 sampai dengan oktober 2021, tidak sedikit teman kita, keluarga kita yang biasa bersenda gurau dengan kita, saat ini mereka pergi untuk selamanya menghadap sang khalik tanpa iringan keluarga maupun kerabat, kita hanya bisa kirim doa buat mereka.

Ayoo…!! Anak-anakku kita bangkit untuk menyengsong masa depan yang lebih baik, semoga wabah Covid – 19 ini segerah berakhir, Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat Persatuan kita sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan Pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda. Moga Allah SWT meridhoi kita semua Amin.” Tutup Imam

Selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penyerahan piagam dan piala dari siswa siswi yang berprestasi kepada pihak sekolah yang diterima langsung kepala sekolah selanjutnya diserahkan kepada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Eko Suyulianto, S.Pd., M.Pd untuk dipajang di lemari kaca ruang tungg sekolah.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembubaran pengurus OSIS masa bhakti 2020 – 2021 dan pelantikan pengurus OSIS masa bhakti 2021 – 2022 serta dilanjutkan dengan doa selamatan yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, ada hal yang menarik dalam acara pemotongan tumpeng, Nampak suasana haru dan keceriaan dari raut wajah Kepala Sekolah dan Guru guru serta staf Tata Usaha, kepala sekolah mulai menyuapi satu persatu guru guru sebaliknya kepala sekolah menerima perlakuan serupa dari guru senior.

Laporan : Marwan B   Foto : Armia

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *