Seluruh Ormas Kalimantan Bersatu, Tolak Ormas Pemuda Batak di Balikpapan

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Senin, 18/10/2021 – Pada hari Senin tanggal 18 Oktober 2021 pukul 10.00 Wita di Kantor DPRD Kota Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, telah dilaksanakan aksi damai Ormas daerah Kalimantan bersatu. Selaku Koorlap aksi Andhin Syamsir (Ketua Presidium POAK Balikpapan/Ketua DPW Laskar Pangeran Antasari Kalimantan (LPAK)), dengan jumlah masa sekitar 200 orang.

Aksi damai menyampaikan Pernyataan sikap yang intinya Sebahai berikut.

1. Dengan Nama Allah Tuhan Yang Maha Esa Kami Elemen masyarakat suku Kalimantan yang terdiri dari Suku Paser, Kutai, Dayak., Banjar, Tidung dan Melayu. Dengan ini menyatakan sikap menolak setiap pembentukan Ormas Kedaerahan di luar suku asli Kalimantan, Khususnya Ormas Pemuda Batak Bersatu disebabkan seluruh Paguyuban Suku Nusantara telah ada di Kota Balikpapan.

2. Dengan adanya Ormas Daerah di luar suku asli Kalimantan dapat menimbulkan isu SARA yang dapat mengganggu Kondusifitas kota Balikpapan. Dimana Saat ini masyarakat Balikpapan yang hetrogen Hidup damai bingkai Bhineka Tunggal lka.

3. Menolak Keberadaan Organisasi Kemasyarakatan Ormas Pemuda Batak Bersatu Di Seluruh Wilayah Balikpapan termasuk setiap Organisasi Kemasyarakatan Ormas dari daerah manapun diluar Ormas Kalimantan berdiri di Balikpapan.

4. Meminta klarifikasi kepada Ormas Batak Bersatu Untuk meminta maaf kepada masyarakat Asli Kalimantan. Khusus nya di Balikpapan karena telah menyebabkan ketidak nyamanan dan mengganggu kondusifitas.

5. Hari ini menjadi kesempatan bersama antar Ketua Paguyuban Nusantara dengan masyarakat asli Kalimantan. Yang diwakili Ormas Kalimantan Bersatu. Disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan. Agar tidak ada lagi Ormas daerah diluar suku asli Kalimantan di Kota Balikpapan yang berpotensi dapat mengganggu kondusifitas Kota Balikpapan.

Rangkaian kegiatan aksi berawal saat pukul 10.00 Wita, masa berkumpul di titik Kumpul di area Masjid At Taqwa Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Klandasan Ulu Kecamatan Balikpapan Kota. Kemudian masa bergerak menuju Kantor DPRD Kota Balikpapan dengan berjalan kaki.

Setelah tiba di Kantor DPRD Kota Balikpapan selanjutnya melaksanakan orasi dan berlanjut Audensi dengan perwakilan pimpinan DPRD Balikpapan.

Sekitar pukul Pukul 11.30 Wita para Ketua Ormas melaksanakan rapat internal di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan membahas terkait aspirasi yang akan di sampaikan kepada Anggota DPRD Kota Balikpapan. Selanjut Audensi dengan Anggota DPRD Kota Balikpapan di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan

Perwakilan DP RD Sobari Wakil II ketua, Jhonny Ng. Komisi I, Mieke Henny Wakil Ketua Komisi II, Srihana Anggota Komisi I, Hj. Fitriani Anghota Komisi I.

Nampak pula hadir Kasat Intelkam Polresta Balikpapan, AKP. Urdianta Asta, P.B., SIK. Kabid Kesbang Badan Kesbangpol Balikpapan Rudy Siswanto, Kabid Poldagri Badan Kesbangpol Balikpapan Andi Alfianto.
Dari perwakilan Ormas Ketua DPW Laskar Pangeran Antasari Kalimantan (LPAK) Andin Syamsir,  Ketua DPP Tameng Adat Borneo, Rahmad Basuki. Ketua DPC Banjar Kayuh Baimbai Balikpapan Abdul Somad. Ketua DPC Pasak Bakudapati Balikpapan Nurachman.

Ketua DPC Baladika Mulawarman Balikpapan Chalidi, Ketua DPC Garda Sikat Balikpapan Zulkifili. Ketua DPP Galak Balikpapan Imam. Ketua DPC Lembaga Adat Paser Balikpapan, Alfiansyah,  Ketua DPC Tameng Adat Borneo Kabupaten PPU Eldiansyah. Ketua Besar Lembaga Adat Kerajaan Pulau Laut Balikpapan Gusti Dedy Irawan A. Perwakilan DPC Lakas Balikpapan Jefri, Perwakilan DPC Remaong Koetai Berjaya Balikpapan, Rudi, Perwakilan DPC Macan Borneo Balikpapan Rudiansyah, Ikatan Darah Dayak Borneo Bersatu Trevianna Lukas.

Perwakilan Ketua DPC Pusaka Bpp, Parji, sekjen MPC LKK Balikpapan Marhan Agus, Sekjen DPC Pasak Bakudapati Agus, Ketua DPC Laskar Banjar Delas Hangit Balikpapan Arthur Landak, Ketua DPC Laskar Elang Borneo Balikpapan Hanafi. Ketua DPC Kapak Balikpapan Alimansyah, Ketua PAC Laskar Adat Paser Balikpapan Barat Jumadi. Perwakilan DPC Laskar Gepak Balikpapan, perwakilan DPC Gagak Bersatu.

Wakil II Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari menyampaikan, pada prinsipnya DPRD Kota Balikpapan selaluvmendengarkan aspirasi dari semua masyarakat Balikpapan.
Mudah-mudahan dapat solusi apa yang menjadi aspirasi warga, DPRD menangkap semua aspirasi yang telah disampaikan, akan membawa aspirasi ini ke Forkopimda Kota Balikpapan. DPRD yakin Ormas semua ikut menjaga kondusifitas Kota Balikpapan, FPRD bersama Forkopimda akan berusaha untuk menghadirkan Pengurus Ormas PBB.

Pukul 13.30 Wita audensi dengan Anggota DPRD Kota Balikpapan selesai. Dengan isi kesepakatan bersama Sebagai berikut :

BERITA ACARA KESEPAKATAN BERSAMA

Pada Hari ini Senin tanggal Delapan Belas Bulan Oktober tahun Dua Ribu Dua Puluh Satu Bertempat Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan telah dilaksanakan Rapat Mediasi Ormas yang dihadiri oleh Ketua- ketua Perhimpunan Ormas Daerah, Ketua Paguyuban dan Lembaga Adat Kalimantan yang tergabung dalam Ormas Kalimantan Bersatu Kota Balikpapan dengan Perwakilan DPRD Kota Balikpapan, Badan Kesbangpol Balikpapan dan Polresta
Balikpapan, sebagaimana daftar hadir terlampir. Adapun hal – hal disepakati dalam rapat tersebut adalah sebagai berikut

1. Menolak Seluruh Aktifitas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Batak Bersatu dan ormas Kedaerahan di Luar Suku Asli Kalimantan di Kota Balikpapan.

2. Meminta klarifikasi dan permohonan maaf dari pengurus organisasi Pemuda Batak Bersatu Kota Balikpapan terkait beredarnya video deklarasi di media sosial.
Demikian berita ini dibuat untuk ditandatangani bersama.

Pukul 15.05 Wita Rangkaian kegiatan Aksi Damai selesai masa membubarkan diri dengan tertib.

Laporan : Yusni

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *