Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilihan Umum Partisipatif, Panwaslu Bitung dan Panwascam Lembeh Utara

  Melaksanakan Pemilu Yang Berintegritas Berdasarkan Konstitusi

Bitung, BARABERITA.COM  Rabu, 05/12/2018  Bertempat di Hotel Nalendra Bitung, rabu 05/12 Bawaslu kota Bitung melaksanakan rapat koordinasi dengan panwascam kecamatan dan Panwas Kelurahan se kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung, rapat yang dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 14.00 wita mengambil tema “ Melaksanakan Pemilu Yang Berintegritas Berdasarkan Konstitusi “ dihadiri oleh Josep Sammi Rumambi, S.T, MAP Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Bitung, Camat Lembeh Utara Meyer A. Parapaga, S.Pd, Komisioner Panwacam Lembeh Utara ( Reinhard Mangaronda, Atriani Luas, Grivin Bastian ), Kapolsek Lembeh yang diwakili Aiptu Suwardi ( Kanit Intel ), Seluruh Panwas Kelurahan Kecamatan Lembeh Utara, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Kordiv PHH Josep Sammy Rumambi, S.T. MAP, Mengingatkan tahapan kampanye merupakan tahapan yang menyita emosi publik. Kemampuan pengawasan menjadi tanggung jawab semua divisi. Namun, terkait temuan dan laporan pelanggaran kampanye yang paling berwenang adalah divisi penindakan dan pengawasan.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu ini menjabarkan tugas utama Bawaslu adalah pencegahan, pengawasan dan penindakan. “Jangan sampai tidak ada laporan, temuan pengawasan serta penanganan pelanggaran dalam masa kampanye,” ujarnya pada Rakernis Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu. Sammi  mengimbau seluruh jajaran Bawaslu, baik  di tingkat, kota maupun kecamatan untuk bersama masyarakat berpartisipasi mengawasi dan memantau seluruh tahapan kampanye guna mencegah terjadinya pelanggaran.

“Semua hal dan aktivitas boleh dilakukan saat masa kampanye, kecuali yang dilarang. Ini pentingnya mengkomunikasikan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ke partai politik,” kata Sammi, Menurut Sammi, pesan-pesan pencegahan akan sampai ke partai politik apabila orientasi pencegahan didahulukan. Partai politik akan tahu mana yang dilarang dan mana yang tidak dilarang, sehingga akan ada kehati-hatian untuk melakukan pelanggaran kampanye.Sammi juga berharap kepada Panwascam dan Panwas Kelurahan untuk saling berkoordinasi jangan sampai ada pelanggaran yang luput dari pengawasan, bekerja sesuai petunjuk pelaksanaan dan teknis yang ada jangan sampai membias.” Tegas pria low profil ini.

Laporan : Atriani Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *