Program “Desa Bersinar” Sebagai Upaya Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba Di Desa

Gorontalo Utara, Baraberita.com – Kamis, 04/11/2021 – Pencegahan dan penanggulangan bahaya Narkotika dan Obat Terlarang bukan saja menjadi tanggung jawab Pemerintah dan apparat penegak hukum namun dibutuhkan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024 atau lebih dikenal dengan RAN P4GN. Kebijakan ini oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara ditindak lanjuti dengan program “Desa Bersinar” yaitu desa yang bersih dari Narkoba.

Dalam rangka mewujudkan tujuan program tersebut Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bekerja sama dengan Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata yang dikemas dalam program KKN Tematik “Desa Bersinar”. Kegiatan yang melibatkan mahasiswa yang berlangsung dari tanggal 14 September 2021 sampai dengan tanggal 3 November 2021 yang ditempatkan pada masing-masing Desa. Desa Bulalo Kecamatan Kwandang sebagai salah satu tempat pelaksanaan KKN Tematik Mahasiswa Desa Bersinar dalam program kegiatannya berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kordes Aldi Baune dan Dosen Pembimbing Lapangan Drs. Rusli Isa, M.Si. telah melahirkan dan menyelesaikan pembentukan relawan berupa Satgas: 1) Tim Relawan Anti Narkoba, 2) Tim Intelejen Desa, dan 3) Tim Agen Pemulihan. Tim yang dibentuk ini lebih banyak melibatkan Karang Taruna dan Generasi Muda sebagai penggerak dan ujung tombak dalam pencegahan dan penanggulangan Narkoba di Desa. Tim juga mendapatkan bimbingan teknis dari unsur BNNK Gorut dan pihak Kepolisian.

Selain pembentukan tim relawan Narkoba kegiatan KKN mahasiswa telah melakukan Sosialisasi kepada para siswa di sekolah-sekolah dan masyarakat yang ada di Desa Bulalo. Kegiatan sosialisasi juga dilakukan dengan penempelan sticker “Keluarga Bersinar” di rumah-rumah penduduk. Disamping kegiatan sosialisasi mahasiswa peserta KKN melakukan kegiataan pemetaan wilayah-wilayah desa yang dianggap rawan peredaran Narkoba. Disamping melaksanakan program inti KKS Tematik Desa Bersinar mahasiswa juga melaksakan kegiatan program tambahan berupa; a) Membantu pemerintah desa dalam program sosialisasi vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat desa, b) Kegiatan lomba dalam bidang olah raga dan kesenian, c) Kegiatan baca tulis Al-Quran bagi anak-anak dan d) Kegiatan kerja bakti Bersama masyarakat.

Kegiatan KKN Tematik Desa Bersinar sudah berakhir dan telah dilakukan acara kegiatan penutupan kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan di Balai Desa Bulalo Kecamatan Kwandang. Dalam acara penutupan kegiatan KKN tersebut Kepala Desa Bapak Fiti K. Rahim berharap masyarakat desa agar semua program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa terutama program pencegahan dan penanggulangan bahaya Narkoba dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, kegiatan ini jangan hanya karena ada mahasiswa kegiatannya semarak setelah mahasiswa ditarik dari desa kegiatannya berhenti.

Laporan : Nur F. Bolotio

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *