15 Juli 2024

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H : KKN MBKM UNG Gelar Festival Rebana Bugis di Desa Molosifat

0


Pohuwato  –  GORONTALO,  Baraberita.com  –  Rabu, 04/10/2023 – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/ Tahun 2023, KKN MBKM Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo yang berkolaborasi dengan Karang Taruna Bersatu Desa Molosifat Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo mengadakan Festival Rebana Bugis, Rabu (04/10/2023).

Faisal R. Djaini, Ketua Panitia Festival Rebana Bugis mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk mempertahankan serta melestarikan tradisi dan budaya dari daerah tersebut di tengah zaman yang semakin modern.

Lebih lanjut, mahasiswa jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo ini mengatakan, selain upaya melestarikan budaya yang ada kegiatan ini juga memperlombakan grup-grup rebana yang berasal dari berbagai desa.

“Kegiatan perlombaan ini di ikuti oleh grup rebana dari Desa Molosifat selaku tuan rumah, grup rebana Desa Molosifat Utara, grup rebana Desa Butungale dan grup rebana dari Desa Gio Barat,” ujarnya.

Kegiatan Festival Rebana Bugis ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Molosifat, Agus Masulili, dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari tokoh-tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda yang ada di desa Molosifat dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Kades Agus Masulili menyampaikan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh adik-adik Mahasiswa dan rema muda yang ada di desa Molosifat ini.

“Kami selaku pemerintah desa sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan karang taruna ini. Karena budaya rebana ini perlahan mulai terkikis oleh zaman yang semakin modern. Maka kegiatan-kegiatan semacam ini dipandang perlu untuk mensosialisasikan budaya yang ada kepada anak-anak muda demi menumbuhkan animo mereka untuk mempelajari serta melestarikan budaya yang telah di wariskan oleh orang tua kita,” ujarnya.

Laporan : Femmy E.S. Gubali

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *