Panglima TNI Jendral Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jendral Pol. Prof. Dr. H.M. Tito Karnavian, Terlihat Haru dan Bangga Atas Sambutan Prajurit TNI/POLRI Kalimantan Timur

Balikpapan, BARABERITA.COM Rabu 28/03/2018 Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto, SIP dan Kapolri Jendral Polisi Profesor Dr. Drs. H M. Titi Karnavian terlihat sangat terharu dan bangga atas sambutan yang penuh suka cita dari segenap Prajurit TNI / Polri di jajaran Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman. Hal ini disampaikan saat memberi arahan 4.500 orang prakurit TNI Polri, yang dimulai pukul 11.10 wita di gedung Bscc Dome Balikpapan Jln Ruhui Rahayu Sepinggan Baru Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, yang diikuti sekitar 4.500 prajurit TNI Polri, pada Hari Rabu tanggal 28 maret 2018. Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kaltim, Wakapokda Kaltim, Kasdam VI/Mlw, Pejabat utama Polda Kaltim, Pejabat utama Kodam VI/Mlw Danlanal Kota Balikpapan, Danlanud Kota Balikpapan, Dandim 0905 Kota Balikpapan, Kapolres Balikpapan. Dalam arahannya, Panglima TNI menekankan beberapa hal penting antara lain, – Soliditas TNI Polri harus kita tunjukkan dalam pelayanan tugas dilapangan seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas. – Prajurit TNI dan Polri di Kalimantan Timur harus dapat mengikuti perkembangan jaman dimana saat ini Dunia semakin maju dan ada 3 Ancaman nyata yakni :

1. Ancaman Cyber Crime 2. Ancaman Biologis 3. Ancaman Kesenjangan, Saat ini kita sedang menjalani Pesta Demokrasi dan saya harap Prajurit TNI dan Polri harus menjunjung Netralitas dan jika ada anggota Polri atau TNI yang masih aktif yang terlibat maka akan diberikan sanksi yang serius. Atensi dan harapan Panglima TNI 1. Jaga Kepercayaan Rakyat 2. Deteksi dini dan cegah dini 3. Perekat Kemajemukan 4. Dekat dan Menyatu 5. Soliditas dan Solidaritas Setelah selesai arahan Panglina, Kapolri ganti memberikan arahan. – Demokratisasi dan Liberalisasi di Indonesia ada sisi Positif dan Negatif 1. Positif: a. Check dan Balance b. Peran Rakyat Menguat 2. Negatif : a. Primodialisme b. Kebebasan yang Kebablasan c. Demokrasi di manipulasi d. Disintegrasi – Pengaruh Globalisasi terhadap Kamdagri dan Luar Negeri: 1. Realisme negara sebagai aktor tunggal 2. Liberalisme munculnya non state actor 3. Konstruktivisme adanya norma norma yang mengatur state dan non state actor contohnya PBB Oktober 1945 sehingga terjadinya proxy war 4. Global Vilage 5. Kompetisi Global Antar Negara 6. Minimal Military Force 7. Kompetisi Ekonomi – Produksi – Syarat negara dominan: 1. Populasi yang besar 2. SDA yang melimpah 3. Wilayah yang luas – Peran Polri memelihara stabilitas politik dan keamanan : 1. Redam Potensi Konflik sosial. 2. Wujudkan Pilkada damai 3. Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme 4. Penanggulangan kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat 5. Pemberantasan Narkotika 6. Sinergi dengan seluruh potensi bangsa Pengarahan berakhir pukul 12.40 wita, selanjutnya rombongan bergeser ke VIP ROOM Bandara SAMS Sepinggan untuk berangkat Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.

Laporan : Arimin JW

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *