Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Kembali Gelar Kegiatan Memperingati Hari Pangan Sedunia ke 41

Gorontalo, Baraberita.com – Selasa, 19/10/2021 – Dinas Pangan Provinsi Gorontalo kembali mengelar kegiatan dalam rangka memperingati hari pangan sedunia ke 41, yang dihadiri Sukri Botutihe, M.Si selaku Asisten 1 mewakili Sekda Provinsi Gorontalo, Kadis Pangan Sutrisno, A. Pi, M.Si,  Menyampaikan bahwa rangkain hari pangan sudah laksanakan berbagi kegiatan mulai dari pencananggan pasar murah di lima titik, kegiatan ini dihadiri langsung pelaku  UMKM olahan loka dan Gapoktan.

Kadis Pangan juga mengatakan bahwa semua hasil olahan binaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pangan lokal Dinas Pangan sudah Bekerjasama dengan Bank Indonesia, Hotel Berbintang yang ada di Provinsi Gorontalo ada hotel Magna, Grand dan Aston. Dan tema hari ini kami ambil lokasi pilihan anggota kelompok wanita program Pekarangan Pangan Lestari P2L dan sudah melaksanakan rumah pangan lestari dan Tema hari ini ” BUKTI PEKARANGGAN RUMAH ANDA BISA MENJADIKAN SUMBER PANGAN KELURGA”.

Asisten 1 Sukri Botutihe, M.Si menjelaskan hari ini kita sedang memperingati hari pangan sedunia yang ke 41. Jumlah penduduk meningkat dalam 3 dan 4 tahun mencapai 270 juta jadi meningkat diperkirakan 1%,  pertanyaanya apakah pertumbuhan penduduk bisa di ikuti oleh pangan kita ?. Oleh sebab itu berbabagai upaya pemerintah dan stekholder untuk melakukan upaya peningkatan untuk ketersediaan pangan bisa terjamin sekarang,  ada program disertivikasi lebih bias kita lakukan untuk pertumbuhan penduduk. Dan sudah waktunya kita jangan terpaku atau menset kalau tidak makan nasi belum dikatakan makan, Jadi harus rubah biar bukan nasi tetap harus makan, Jadi marilah kita konsumsi olahan pangan lokal.

Selanjutnya penyerahan piagam penghargaan untuk hotel,yang sudah berkontribusi terhadap pangan lokal, penerimaan serifikat Prima 3 dan registrasi PSAT oleh kelompok Tani Sukma Lamuta3, komuditi bawang merah organik, komoditi cabe rawit dan koperasi mekar jaya.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan bibit ikan dan penanaman bibit di pekarangan lestari binaan Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

Laporan : Nur F. Bolotio

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *