18 Mei 2024

DPRD Minta Pemkot Balikpapan Beri Pendampingan Perbaikan Kualitas Sekolah Swasta

0

Balikpapan  –  KALTIM,  Baraberita.com  –  Senin, 06/11/2023  –  Perbaikan kualitas pendidikan Sekolah swasta menjadi perhatian serius Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Doris Eko Rian Desyanto. Hal ini disebabkan animo masyarakat yang cenderung memaksakan anaknya bisa bersekolah di Sekolah negeri. Untuk meciptakan pemerataan kualitas pendidikan di Kota Balikpapan, DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemkot Balikpapan memberikan pendampingan terhadap sekolah-sekolah swasta. Sehingga bagi orangtua yang anaknya tidak tertampung di Sekolah Negeri, bisa mempercayakan dididik di sekolah swasta yang ada.

Pemkot Balikpapan berkewajiban tunduk pada aturan pusat. Salah satunya soal prosentase sekolah negeri dan swasta di tiap daerah. Di mana sesuai aturan, pemerintah hanya boleh menyediakan kapasitas sekolah negeri maksimal 70 persen. Sisanya yang 30 persen melibatkan pihak swasta.

“Hampir semua orang tua ingin anaknya sekolah negeri, sementara kapasitas daya tampung sekolah negeri terbatas. Sementara sekolah swasta masih banyak kekurangan siswa,” ujar Doris.

Kondisi ini menurut Doris, harus segera mendapatkan solusi dari instansi terkait. Maka pihak DPRD mendorong agar pemerintah kota mengambil alih pengelolaan sekolah swasta yang masih kesulitan mendapatkan siswa.

“Sekolah swasta yang kekurangan murid akan sulit untuk bertahan, walaupun mereka terima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)” ujar Doris menambahkan.

Menurut Doris, persoalan ketersediaan fasilitas pendidikan di Balikpapan masih cukup banyak. Terutama soal sistem zonasi saat penerimaan siswa baru yang belum berimbang dengan jumlah sekolah. Lalu animo masyarakat menyekolahkan anaknya ke negeri. Hal itu berdampak pada kurangnya minat masuk ke sekolah swasta.

“Kendala dunia pendidikan kita masih berulang tiap tahunnya. Seperti soal zonasi. Ada warga yang tinggal tidak jauh dari sekolah namun tidak tertampung. Maka Pemerintah perlu aktif dalam peningkatan kualitas sekolah swasta yang sudah ada,” ucap Doris menutup wawancara Media.

Laporan : Yulsa Zena 

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *