Reses Alwi Al Qadri Hadirkan Plt Dirut PDAM Balikpapan

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Senin, 20/06/2022 – Cukup meriah dan antusias terlihat saat pelaksanaan Reses Anggota DPRD Kota Balikpapan, Dapil Barat Alwi Al Qadri, S.P. Reses masa sidang II tahun 2022 kali ini dilakukan Alwi di Aula Masjid Asy-Syfah, RT 39, Kelurahan Margo Mulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, pada Senin 20 Juni 2022 malam hari.

Reses Alwi sengaja menghadirkan langsung Plt. Dirut Perumda Tirta Manuntung Balikpapan Purnamawati, disebabkan masih banyaknya keluhan warga di daerah tersebut yang terkendala air bersih.

Alwi berharap agar warga bisa langsung mendapat penjelasan tuntas kepada warga, sekaligus memberi pencerahan kepada warga bersama Lurah Margo Mulyo, yang hadir mendampingi warganya.

Seusai Reses, anggota dewan yang mengetuai komisi III DPRD Balikpapan ini mengatakan, masih banyaknya penyampaian aspirasi yang bersifat klasik dari warga, seperti meminta perbaikan Jalan dan drainase. Namun, sebagian besar warga mengeluhkan fungsi air Perumda Tirta Manuntung Balikpapan atau dulu disebut PDAM, yang masih juga belum bisa memberi kepuasan pelayanan warga.

“Benar mas, masih banyak sekali keluhan seputar air bersih. Bahkan ada mengeluhkan air PDAM di tempatnya sudah dua tahun tidak mengalir,” kata Alwi politisi muda tampan ini, saat diwawancara media.

Ada pula aspirasi yang disampaikan Ketua RT 12 Handoko, yang hingga sekarang mengaku bingung untuk mempergunakan sumur bantuan dari kementerian, sebagaimana mestinya. Dikarenakan tidak adanya saluran-saluran air untuk memfasilitasi warga yang membutuhkan.

“Alhamdulillah kehadiran ibu Pur sangat membantu. Tadi saya minta kepada Ibu Pur, mungkin itu bisa dikonekkan. Kemudian saya minta tolong ditinjau langsung ke lapangan, supaya bisa berfungsi sesuai harapan dan bermanfaat bagi warga,” tuturnya.

“Lagi-lagi, Alhamdulillah Ibu Pur langsung menyanggupi. Dan Insya Allah paling lama besok atau lusa pihak PDAM akan ke lapangan untuk meninjau sumur tersebut,” tambahnya terlihat optimis.

Alwi berharap usulan warga tersebut dapat diupayakan di anggaran perubahan, dan murni tahun 2023, tapi tentunya sudah melalui SIPD.

“Ya saya pikir sebenarnya masuk diperubahan, ini kan ada usulan yang kemarin juga, tapi kita lihat, kalau sifatnya urgency bisa kita masukkan ke perubahan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Plt Dirut PTMB Purnawati menerangkan, bahwa PDAM memang bertanggung jawab sebagai pengelola, tapi pihaknya juga terkendala dengan ketersediaan air yang harus dibagikan ke seluruh masyarakat Balikpapan.

“Kami sih maunya semua masyarakat Balikpapan dapat air, tapi sehari hanya boleh mengalirkan 1.100 RPS, sedangkan pelanggan terus bertambah. Dan masalahnya air kami kurang dan terbatas,” jelasnya.

Purnawati mengaku, Kementerian PUPR dalam waktu dekat akan berkunjung guna meninjau persoalan tersebut. Dan pihaknya pun mengusulkan adanya penambahan air dari 11 juta menjadi 16 juta kubik.

Laporan : Yusni

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.