Paser Berbenah Sambut MTQ ke-41 Tingkat Povinsi Kaltim

TANA PASER, BARABERITA.COM Kamis 02/08/2018  Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan di Tana Paser semakin dekat, dan LPTQ Paser tinggal memiliki waktu selama 8 bulan untuk melakukan persiapan. Untuk itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Paser AS Fathur Rahman mengadakan rapat di Ruang Sadurangas, Rabu (1/8) untuk melakukan persiapan.

Ada beberapa hal yang menjadi penekanan Fathur Rahman saat memimpin rapat, di antaranya Paser harus bisa sukses sebagai tuan rumah dan berhasil di rumah sendiri. Sekda Paser ini mengatakan bahwa keberhasilan di daerah lain perlu ditiru, sambil tetap membenahi kekurangan yang ada, dengan melihat kembali pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di PPU tahun 2017, di Berau 2018 dan di Paser tahun 2008 lalu.

“Mulai dari sekarang harus ada pembagian tugas yang jelas, siapa yang fokus pada pembinaan kafilah, dan siapa yang fokus pada pelaksanaan sebagai tuan rumah. Selain orangnya ditentukan, tugas-tugasnya juga harus jelas. Segera bentuk kepanitiaan, inventarisasi kebutuhan berikut keperluan anggarannya,” jelas Fathur Rahman.

Mengenai target prestasi, Fathur mengatakan bahwa seharusnya ada tren yang positif dari tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2017 Paser di urutan 7, lalu di tahun 2018 di urutan 6, maka sangat logis jika tahun 2019 saat Paser tuan rumah bisa menargetkan yang lebih dari itu.

Meski demikian mantan Asisten Administrasi Setprov Kalimantan Timur ini menggarisbawahi bahwa prestasi biasanya cerminan dari usaha yang dilakukan oleh LPTQ. “Saya sarankan agar LPTQ bisa mengalokasikan waktu pembinaan yang lebih lama. Dengan demikian LPTQ punya waktu untuk melihat apa yang kurang kemudian dibenahi,” jelasnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Asisten Kesra Asmuni Samad, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Mohlis Hasan, Kepala BPKAD Abdul Kadir, Kepala Bagian Bina Kesra II Dharni Hariyati, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Arif Mediastomo.

Laporan : Evan RS Lintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *