KRI BIMA SUCI LAKSANAKAN PASSEX DI WILAYAH PERAIRAN AMBALAT

Ambalat – Kaltim, Baraberita.com – Senin, 13/09/2021 – KRI Bima Suci yang menjadi bagian dari Satuan Kapal Bantuan (Satban) Koarmada II, yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla., melaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan  3 KRI, yaitu KRI Pari-849, KRI Keris-624, KRI Hiu-634 dan 1 (Pesud) pesawat Udara TNI AL Casa, yang baru saja melaksanakan tugas Oeprasi di Perairan Laut Sulawesi, 30 Nautical Miles Ambalat . Minggu, (12/09/2021).

Dalam Passex kali ini KRI Bima Suci beserta 3 unsur Lainnya Melaksanakan Leave Launch dan Comm Check, dilanjutkan latihan Rasap yaitu RAS (Replenishment at Sea), TACTMAN (Tactical Maneuver), serta Manuver Pesawat Udara (Pesud) Casa TNI AL NC-212 melaksanakan berbagai Atraksi udara mengitari KRI Bima Suci.

Unsur-unsur yg terlibat yaitu KRI Keris-624 dan KRI Hiu-634 merupakan 2 unsur yang berada di bawah satuan Kapal Cepat (Satkat) Jajaran Koarmada II, dengan tugas pokok sebagai kapal anti permukaan sedangkan KRI Pari-849 merupakan unsur yang berada di bawah satuan kapal patroli (Satrol) Lantamal XIII Tarakan, serta unsur pesawat Udara (Pesud) Casa TNI AL NC-212, dari Satuan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda.

Setelah komunikasi dan latihan Manuver berjalan dengan baik, selanjutnya seluruh unsur menempati posisi Masing-masing sesuai dengan prosedur. Pada saat Farewell seluruh Taruna AAL melaksanakan Peran Parade lambung kanan dan lambung kiri dilanjutkan dengan penghormatan dan lambaian tangan sebagai tanda telah dilaksanakan Latihan ini.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan Passex yang kita laksanakan agar kedepannya dapat meningkatkan serta menambah ilmu bagi para Prajurit KRI Bima Suci serta Taruna AAL yang sedang Mengikuti Pelayaran ini, kesempatan berada di laut secara bersamaan dengan unsur gugus tugas dengan diadakannya beberapa serial latihan yang penting untuk dilatihkan guna meningkatkan naluri tempur para Parajurit.” Ujar Letkol Waluyo.

Selama pelaksanaan kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana yang ditekankan oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han), kepada seluruh prajurit KRI Bima Suci dan personel Satgas KJK 2021 guna mencegah meluasnya penularan virus Covid-19 di Indonesia yang mulai terkendali saat ini. (Humas TNI AL)

Laporan : Arimin JW.

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *