Pulau Tojo Una-una di Sulawesi Tengah dijual oleh perusahaan Kanada, Selain itu lima pulau disewakan

Tojo Una-una, BARABERITA.COM, 17/01/2018 Perusahaan Kanada  Selain menawarkan Tojo Una-una perusahaan ini juga menyewakan lima pulau lain di Indonesia.

Yang menarik, Pulau Ajab, Riau, tak lagi berada di daftar pulau yang akan dijual, setelah BBC Indonesia menghubungi staf Private Islands, pada Rabu (17/01).

Kepada BBC Indonesia staf perusahaan ini menegaskan bahwa Pulau Ajab ‘hanya disewakan’ meski di situs jelas-jelas tertulis ‘for sale’ atau untuk dijual.

“Sejauh yang saya tahu, semua pulau di kawasan tersebut berupa leasehold. Selain itu saya tidak punya informasi lainnya,” jelas Aba kepada wartawan BBC Indonesia, Liston P Siregar.

Ketika diakses pada Kamis (18/01) dini hari, informasi tentang penjualan Pulau Ajab sudah tidak tersedia.

Ketika dilakukan pencarian, yang muncul hanya penjualan Pulau Tojo Una-una, yang di situs itu ditulis Tojo Una Una.

Disebutkan bahwa luas pulau yang dijual mencapai 3.088 are. Pulau milik keluarga selama 120 tahun dan cocok antara lain untuk dikembangkan sebagai lokasi selam.

Berbeda dengan Pulau Ajab yang dipatok US$3,3 juta atau sekitar Rp44 miliar, mereka yang berminat membeli Pulau Tojo Una-una diminta menghubungi langsung Private Islands Inc untuk mengetahui harganya.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, kepada Kompas.com mengatakan kaget dengan informasi penjualan Pulau Tojo Una-una di situs perusahaan Kanada.

Ia menjelaskan bahwa foto-foto yang ada di situs perusahaan itu adalah Pulau Tanjung Kramat di Kepulauan Togean, yang berada di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una.

“Pulau itu dulu dikelola oleh Mr Luca, tapi sekarang sudah tidak lagi,” kata Gubernur Longki melalui pesan singkat kepada Kompas.com,  Seorang warga Ampana merupakan ibu kota Kabupaten Tojo Una-una Nelly 48 Thn sedih mendengar Tojo Una-una dikuasai perusahaan asing.

Editor  Arimin JW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *