Kamis, Agustus 6Informasi itu penting
Shadow

Pembukaan Balikpapan Manuntung Art Festival 2019 & Begenjoh #2 Kaltim

Balikpapan – Kaltim,  BARABERITA.COM – Jum’at, 27/12/2019 – Pada hari Jumat tanggal 27 Desember 2019 pukul 09.00 Wita telah berlangsung Kegiatan Pembukaan Balikpapan Manuntung Art Festival 2019 dan Begenjoh #2 Kaltim, kegiatan tersebut bertempat di Gedung BSCC Dome Balikpapan Selatan, dihadiri ± 200 orang.

Adapun yang hadir antara lain : Dr. Ir. H. Isran Noor (Gubernur Kaltim), Mayjen TNI Subiyanto (Pangdam VI/Mlw), Irjen Pol Muktiono (Kapolda Kaltim), Safril T.H. Noor (Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kaltim), Kolonel Inf Sunaryo (Asintel Kasdam VI/Mlw), Kolonel Inf Andi Kusworo, SE (Aspers Kasdam VI/Mlw), Kombes Pol Donny (Kabidkum Polda Kaltim), Kombes Pol Yudhi Faisal (For Binmas Polda Kaltim), AKBP YUDI (Kabid Propam Polda Kaltim), H.M. Rizal Effendi, S.E (Walikota Balikpapan), Kolonel Pnb Hendrayansyah (Danlanud Dhomber Balikpapan), Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa (Dandim 0905/Bpp), AKBP Turmudi, SIK (Kapolresta Balikpapan), H. Karmin Laonggeng, SE (Ketua Dewan Kesenian Balikpapan), Para Tamu Undangan

Susunan Acara  sebagai berikut, Persiapan Panitia dan Pengisi Acara, sudah berkumpul di Venue, Registrasi Tamu Undangan, MC Voice Over, Bumper Opening, Welcome Dance Tarian Nusantara, Pembacaan Doa, Menyanyikan Lagu – Indonesia Raya – Hymne Balikpapan

Selanjutnya sambutan dan laporan dari H. Karmin Laonggeng, S.E (Ketua Dewan Kesenian Balikpapan), Sambutan Dr. Ir. H. Isran Noor (Gubernur Kaltim) Sekaligus Membuka Kegiatan Balikpapan Manuntung Art Festival 2019 dan Begenjoh #2 Kaltim

Adapun Sambutan dan Laporan Bpk. H. Karmin Laonggeng, SE (Ketua Dewan Kesenian Balikpapan), Seabagai berikut :

“Acara ini terselenggara karena kemauan yang tinggi dari Pemerintah Kota, Swasta dan masyarakat Balikpapan.

Tujuan acara ini semata untuk mengagungkan kekayaan nilai negeri kita yaitu seni budaya, guna meningkatkan kebutuhan masyarakat di bidang seni budaya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan seni budaya salah satunya yaitu melaksanakan kegiatan Balikpapan Manuntung Art Festival 2019 dan Begenjoh #2 Kaltim.

Kegiatan ini merupakan pertunjukan kesenian yang bernuansa Nusantara, sebagai bentuk pelestarian budaya Nusantara yang tercermin dalam keragaman bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan ini juga bertujuan memberikan kesempatan dan motifasi kepada generasi muda untuk mencintai seni budaya serta mencari bakat agar tetap dapat melestarikan seni budaya yang ada.

Kegiatan ini juga sebagai momentum untuk menyambut Ibu Kota Negara Baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)”.

Sambutan Safril T.H. Noor (Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kaltim), Sebagai berikut

“Begenjoh adalah bentuk penetrasi dan pengaruh budaya non lokal/luar negeri yang mengancam kesenian lokal kita. Akhirnya kita membuat aktifitas kesenian yang membuat orang merasa nyaman berada di Kalimantan Timur.

Kegiatan ini merupakan bagian integral bangsa Indonesia yang telah menyajikan kegiatan kesenian Nusantara.

Rencana pada tanggal 28 Desember 2019 kami akan melakukan rapat dengan Dewan Kesenian untuk membahas langkah untuk mengoptimalisasi Kesenian di Kalimantan Timur dengan judul ” Jalan Kesenian Bagi Kaltim Derdaulat “.

Semoga kedepannya kita memiliki Menteri Kesenian dan Kebudayaan sendiri tidak bergabung dengan Departemen lain.”

Sambutan  Dr. Ir. H. Isran Noor (Gubernur Kaltim), Sebagai berikut :

“Saya menyambut baik dan mengucapkan selamat atas digelarnya Balikpapan Manuntung Art Festival 2019 dan Begenjoh #2 Kaltim.

Mari kita jadikan festival seni budaya ini sebagai peristiwa penting sekaligus momentum yang sangat berharga untuk melestarikan seni budaya, khususnya aneka jenis tari – tarian yang ada di Kaltim dan di Tanah Air pada umumnya.

Sebagai Provinsi lokasi dimana Ibu Kota Negara (IKN) baru berdiri, maka di saat mendatang Kaltim akan kedatangan penduduk dari seluruh pelosok Negeri, maka Kaltim akan menjadi daerah multi etnis dan budaya.

Saya berharap seni budaya daerah Kaltim tetap eksis, namun seni budaya etnis lain semuanya juga akan bisa berbaur dan berkolaborasi menjadi wujud atau sosok Indonesia Sejati yang bersatu padu kokoh dalam bingkai NKRI.”

Acara ditutup dengan  penyerahan Plakat, Foto Bersama Undangan, Parade Seni Begenjoh #2 Kaltim berakhir pukul 11.20 Wita. Selama Berlangsung Kegiatan Pembukaan Balikpapan Manuntung Art Festival 2019 dan Begenjoh #2 Kaltim berjalan dengan Aman Dan Tertib

 

 

Laporan : OBIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *