Warga SMA Negeri 5 Balikpapan ( Smala ) Memperingati Hari Sejuta Pohon

Balikpapan, BARABERITA.COM  Juma’at 11/01/2019  Keluarga besar atau warga sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan ( Smala ) memperingati “ Hari Sejuta Pohon Sedunia “ Mengapa Peringatan Sejuta Pohon Sedunia dilakukan warga Smala ? dasarnya adalah sudah menjadi ketetapan Perserikatan Bangsa-bangsa bahwa  setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia merayakan hari sejuta pohon sedunia. Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, penting untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia.

Kepala sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan (Smala) Dra. Ririen Fridayanti, didamping Nurul Widayati, S.Pd. M.Pd (Guru BK dan Pembina Green Generation )  dalam arahannya sebagai berikut
“ Assalamualaikum wr wb
Warga Smala yang berbahagia
Tanggal 10 Januari diperingati sebagai hari pencanangan sejuta pohon sedunia mengingat penduduk Indonesia terus bertambah tiap detiknya, kita wajib menanam pohon sebagai kecintaan kita ke alam agar hutan kita tidak punah, generasi muda mari disadarkan penting nya menanam pohon karena pohon banyak manfaatnya antara lain sebagai tempat hidup fauna dan pemasok oksigen yang sangat diperlukan makhluk hidup.

Terimakasih warga smala hari ini jumat sehat dan sekaligus kita menanam pohon satu siswa satu pohon, semoga kepeduliaan kalian ke sekolah bermanfaat dan barokah.
Pepohonan membersihkan udara, tanah, dan air, membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik untuk dihuni. Semua itu merupakan bagian dari hidup kita sehingga jika tempat tinggal kita dikelilingi pepohonan, kita menjadi lebih sehat dan bahagia. Jadi jika kita ingin menyelamatkan pohon, mulailah dengan melindungi pepohonan di lingkungan sekitar, dan menanam lebih banyak saat kita melihat pohon-pohon ditebangi. Sebaiknya kurangi pemakaian kertas. Jika kita benar-benar berniat menyelamatkan pepohonan, coba ikut terlibat dalam organisasi yang bekerja menyelamatkan hutan-hutan yang tersisa di dunia ini.
Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.
Menyelamatkan Pohon di Lingkungan Kita
yang bisa kamu lakukan dalam menyelamatkan pohon yang tumbuh di sekitar lingkungan kita tinggal antara lain :
Cari tahu peraturan setempat perihal perlindungan pohon.
Setiap kota memiliki aturan sendiri mengenai jenis pohon yang harus dilindungi, bagaimana dan kapan harus memotong pohon. Di beberapa daerah, pohon-pohon yang ringkih, langka, atau sangat bermanfaat dilindungi hukum. Mengetahui hukum di wilayah Anda akan membuat Anda menjadi aktivis yang lebih baik bagi perlindungan pepohonan di situ.
  1. Ketahuilah pengaruh pohon bagi tempat tinggal kita
Selain daerah gurun pasir, sebagian besar wilayah diuntungkan oleh pepohonan yang besar dan rindang. Pepohonan memperbaiki kualitas udara, mengurangi erosi, dan menyerap suara. Pohon-pohon besar mendinginkan suhu kota agar tidak terlalu panas dengan kerindangan dan evaporasi. Tanpa pohon, wilayah kota akan mengalami yang disebut dengan efek pulau panas perkotaan (heat island effect), karena jalanan dan bangunan menyimpan panas dan orang-orang terpaksa menggunakan energi tambahan untuk mendinginkan rumah. Di mana pun Kita tinggal, Kita bisa mulai membantu kota kita dengan menyelamatkan pohon.
  • Aturan dasarnya, pohon yang sudah dewasa dan besar (seperti pohon beringin dan cemara) lebih bermanfaat daripada pohon yang kecil dan muda. Itulah sebabnya kita perlu menyelamatkan sebanyak mungkin pohon dewasa.
  • Dengan mengetahui pemeliharaan pohon yang baik, Anda bisa menjadi aktivis yang lebih baik bagi pohon. Ada cara yang benar dan keliru untuk memangkas pohon dan memeliharanya selama bertahun-tahun, dan jika tahu bedanya, Anda bisa mengedukasi orang-orang di sekitar Anda
  1. Jangan diam saja saat melihat pohon ditebang.
Saat Kita lebih sadar mengenai jenis pohon yang bermanfaat di daerah Kita, mulailah memerhatikan jika pohon tersebut dipangkas atau dipotong. Entah pohon itu berada di wilayah pribadi atau umum, mungkin ada yang bisa dilakukan untuk menyelamatkannya. Berikan perhatian khusus pada pohon-pohon besar dan rindang di wilayah Anda karena pohon-pohon inilah yang paling bermanfaat dan harus dilindungi sebaik mungkin.
  • Saat Kita melihat pohon ditebang, pertama-tama yang bisa dilakukan adalah berbicara dengan orang yang hendak menebangnya dan mencari tahu alasannya. Terkadang pohon tersebut rusak atau sakit, sehingga boleh ditebang. Selain itu, pohon tersebut ditebang semata-mata karena alasan keindahan.
  • Cari tahu apakah pohon-pohon tersebut ditebang secara legal. Beberapa jenis pohon dilindungi meskipun berada dalam properti pribadi. Jika Anda khawatir pohon tersebut harus dilindungi, saatnya untuk bertindak.
  1. Lakukan tindakan yang semestinya untuk menyelamatkan pohon.
Angkat suara untuk menyelamatkan pohon, jangan biarkan pohon-pohon ditebang begitu saja. Bergabunglah dengan orang-orang yang peduli mengenai keselamatan pohon di area Kita dan sampaikan dengan jelas keberatan kita mengenai penebangan pohon yang masih sehat. Meskipun tidak ada pelanggaran hukum mengenai penebangan pohon, jika masyarakat beranggapan pohon tersebut penting dan harus dilindungi, kita bisa membuat perubahan. Bahkan jika upaya tersebut sudah sangat terlambat untuk pohon tertentu, hal ini bisa menjadi preseden selanjutnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:
  • Tulis surat penolakan kepada dinas kehutanan kota atau anggota dewan kota.
  • Mulai membuat petisi untuk mengubah kebijakan atau melindungi pohon-pohon tertentu. Ajak para tetangga supaya terlibat dalam penyelamatan pepohonan di lingkungan sekitar.
  • Libatkan media dengan mengirimkan surat pembaca atau menghubungi stasiun televisi setempat.
  1. Ikutlah hari penanaman pohon.
Sama pentingnya melindungi pohon-pohon dewasa, Anda pun perlu berpikir jauh ke depan dan menanam pohon-pohon baru yang nantinya akan cukup tinggi sehingga dapat menjadi kanopi, membersihkan udara, dan membantu agar suhu tetap dingin. Banyak kota memiliki organisasi seperti Portland ada Oregon’s Friends of Trees yang berusaha menanam pohon di wilayah tersebut, yang jumlahnya masih terlalu sedikit. Jika kota kita tidak memiliki organisasi serupa, mengapa kita tidak mulai membuatnya? Pohon demi pohon, kita bisa membuat perubahan.
  • Kita perlu tahu jenis pohon yang hendak ditanam. Bicaralah dengan ahli pepohonan (arborist) untuk mengetahui jenis pohon apa yang asli dari wilayah Kita dan akhirnya bisa menjadi cukup besar untuk membersihkan udara dan air. Pohon hias kecil tidak akan banyak berkontribusi.
  • Membeli pohon bisa jadi mahal. Cari tahu apakah ada penjual tanaman di sekitar Kita yang memiliki pandangan sama dengan Kita mengenai pohon dan bisa memberikan diskon untuk pembelian bibit pohon.
Mengubah Kebiasaan Konsumsi
Marilah kita mengubah kebiasaan konsumsi hidup kita dengan cara sebagai berikut :
  1. Berhenti menggunakan segala jenis tisu
  2. Belilah tisu Gulung Daur Ulang
  3. Belilah cangkir kopi yang bisa digunakan ulang
  4. Pilih tagihan opsi tanpa kertas (Paperless)
  5. Beli produk kayu yang dilestarikan oleh hutan
mulailah sejak dini melakukan hal-hal diatas agar kita dapat melindungi pepohonan dan lingkungan kita,” Tutup kepala sekolah penuh prestasi ini.
Penataan halaman sekolah dilasanakan masing-masing kelas seperti nampak di kelas X IPA 4, wali kelas Joko Sadono, S.Pd beserta siswa-siswinya sedang menata halaman dan teras kelas, hal yang sama juga dilaksanakan kelas-kelas lain termasuk kelas X IPA 3  wali kelas BUDI, S.PdI dengan penuh semangat keakraban bersama siswa-siswi merapikan dan menyiangi tanaman disekitar kelas, BUDI, S.PdI yang juga pembina osis ini ” Insya Allah dalam waktu dekat akan ada program atau kegiatan siswa-siswi mingguan dengan nama “ JUMPA BERLIAN SMALA ( Jum’at Pagi Bersih Lingkungan SMA Negeri 5 ) “ Tujuan ide yang baik ini adalah menunjang kelestarian pohon atau kembang disekitar lingkungan Smala, namun hal ini masih akan diususlkan ke pada Kepala sekolah.”
Laporan : Marwan BFoto/Video : M. Hafizh N. & Galuh Sekar As.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *