Rabu, September 30Informasi itu penting
Shadow

Luncurkan Program Keselamatan 2020, Ditlantas Polda Kalimantan Timur Akan Berikan Bantuan Uang Untuk Pengemudi Yang Terdampak Covid-19

Balikpapan – Kaltim,  Baraberita.com – Rabu, 15/04/2020 – Korlantas Polri resmi meluncurkan program keselamatan yang ditujukan kepada para pekerja informal seperti pengemudi bus, taksi, angkot, ojek konvensional, andong, becak, kernet, supir bajaj, dan supir rental yang pendapatannya terdampak virus Corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol. Roy Ardhya Candra, S.I.K., seusai mengikuti Video Conference yang dipimpin langsung oleh Kakor Lantas Polri dan Pimpinan Bank BRI Pusat di Ruang Vicon Mapolda Kaltim, Rabu (15/04/2020).

Kombes Pol. Roy menjelaskan, program keselamatan merupakan kombinasi dari bantuan sosial (bansos) dan pelatihan. Setiap peserta nantinya akan mendapat bansos senilai Rp 600.000 per orang per bulan dan diberikan selama tiga bulan.

Sedangkan pelatihannya, para peserta akan diberikan pelatihan mengenai tata tertib lalu lintas. Materinya mulai dari protokol pencegahan COVID-19, safety riding, etika berlalu lintas. Pemberian pelatihan dilakukan secara online melalui aplikasi video conference.

“Bantuan itu berupa santunan Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan diperuntukkan bagi sopir taksi, sopir travel, sopir bus, dan supir truk,” ujarnya

“bantuan itu diberikan pada para sopir yang sudah terdata oleh jajaran Ditlantas Polda di masing-masing wilayah Indonesia. Calon penerima bantuan tersebut akan menjalani pelatihan dahulu, seperti pelatihan protokol pencegahan COVID-19, safety driving, dan safety riding” tambahnya

“Proses mendapatkannya ada tiga tahap, lalu setelah latihan nanti mendapatkan rekening dari salah satu bank pemerintah yang akan menyalurkan bantuan dari kepolisian itu,” tuturnya.

Adapun bantuan dari kepolisian tersebut, tambahnya, merupakan relokasi anggaran yang ada di kepolisian yang disisipkan untuk membantu masyarakat. Contohnya, seperti kegiatan kerja sama dengan luar negeri yang tidak mungkin dilakukan saat ini, lantas dialihkan untuk membantu masyarakat.(Humas Polda)

Laporan : Rina Sengi Aliyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *