Minggu, November 17Informasi itu penting

Sidak Ramadhan 1440 H Oleh Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Pasar Sepinggan Balikpapan

Balikpapan,  BARABERITA.COM  Minggu, 02/06/2019  Inspeksi Mendadak (SIDAK) oleh pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Balikpapan Selatan di Pasar Sepinggan Balikpapan, pada hari Ahad 02 juni 2019 Masehi  bertepatan 28 Ramadhan 1440 Hijriah.

Sidak dipimpin langsung Ustadz Ir.H.Nurdin Ismail selaku Ketua MUI Balikpapan Selatan didampingi 3 orang pengurus (Ust.Mahyuddin, Lugianto & Haris Sukarno, S.T) tepat pukul 07.00 Wita (pagi) diawali breafing singkat langsung mendatangi salah satu stand penjual ayam milik ibu Wa Appe, pada saat sidak MUI  banyak didatangi  pembeli.

Tim Sidak disambut baik dan mengaku bahwa suaminya Sudirman sudah pernah ikut pelatihan penyembelihan dan mendapatkan sertifikat MUI, maka tim menjelaskan dan menyarankan supaya sertifikatnya selalu dibawa atau dipampang di tempat usaha, tujuannya supaya pembeli/pelanggan lebih yakin sekaligus pembeda dan nilai plus dibanding dengan penjual ayam lainnya.

Dilanjutkan ke tempat penggilingan daging yang dipenuhi sesak banyak pelanggan yang selama ini problemnya sama diangggap tidak Syariah karena semua jenis daging diterima dan bercampur seperti daging celeng/babi dan daging lainnya, lanjut ke kios milik H.Syamsuddin yang pengakuan salah seorang karyawannya bisa menyembelih dan menjual sekitar 1000 ekor ayam per hari, cuma mesti lebih diperhatikan faktor kebersihannya..
Tim kemudian menuju  ke kios penjual daging sapi segar dan daging beku import yang lumayan selisih separuh harga jualnya,
Ditemukan masih ada pedagang daging yang memakai timbangan yang sudah tua dan berkarat sehingga MUI menyarankan instansi yang terkait supaya menegaskan ke pedagang segera menggantinya agar tidak merugikan konsumen dan saran tersebut diterima oleh pemilk timbangan.

Sidak berakhir di toko Sembako milik H.Ruslan yang mana barang-barang yang dijual umumnya memiliki label halal MUI dan juga didapatkan ada barang yang sudah mau kadaluwarsa sekalian dimanfaatkan tim Sidak membeli paket Sembako untuk kebutuhan berlebaran.
Hj. Rosdiana,warga jalan Sepinggan Baru RT. 15, pembeli/pengunjung pasar Sepinggan menyambut baik kunjungan MUI Balikpapan Selatan ke Pasar yang cukup ramai dikunjungi pembeli, ” Saya bangga dengan kunjungan MUI ke pasar-pasar supaya para pedagang/penjual bisa ada kontrol, karena tidak mungkin kami pembeli mengetahui apa yang disyaratkan MUI.”
Laporan : Rin Aliyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE