Minggu, Juli 12Informasi itu penting
Shadow

Beredar Pesan Berantai Bikin SIM Kolektif Tanpa Tes, Kasubbaghumas Polres Kapuas : HOAX

Kapuas – Kalteng,  Baraberita.com – Selasa, 18/02/2020 – Masyarakat dihebohkan dengan pesan berantai tentang pembuatan SIM kolektif tanpa tes lewat group di aplikasi pesan singkat WAG (WhatsApp Group), Selasa (18/02/2020).

Dalam pesan itu disebutkan, masyarakat yang ingin membuat SIM hanya perlu datang, foto dan tanpa tes.

Kegiatan ini dilaksanakan di lokasi yang telah ditentukan yaitu di halaman Samsat setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada hari Minggu dan Senin, tanggal 1 dan 2 Maret 2020 mendatang.

Mereka yang ingin membuat SIM diminta membawa fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK) bila memakai KTP sementara, surat keterangan sehat dari Puskesmas, hingga Surat Keterangan dari kelurahan dan kecamatan setempat.

Tak hanya itu, pesan berantai tersebut juga melampirkan biaya untuk pembuatan SIM. Untuk SIM B dikenai Rp. 150.000, SIM A Rp. 75.000 dan SIM C sebesar Rp. 50.000.

Agar lebih meyakinkan, pesan ini juga ditambahi embel-embel, pembuatan SIM berlaku untuk semua alamat KTP di seluruh Indonesia.

Terkait hal tersebut, Kasubbaghumas Polres Kapuas AKP Puji Widodo membantah kabar adanya pembuatan SIM kolektif yang beredar di WhatsApp.

“Hoax itu,” ujar dia saat diklarifikasi di ruang Command Center Polres Kapuas.

“Pembuatan SIM harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Aturan itu berlaku di seluruh Indonesia, tidak ada yang tanpa tes,” terang Puji.

“Informasi yang beredar ini tidak benar alias hoax ya, karena SIM adalah bukti kompetensi yang diberikan oleh negara kepada sesorang pengemudi yang dinyatakan layak dan telah lulus ujian untuk mendapatkan kompetensi mengemudi,” tegas Puji.

“Terima kasih kepada masyarakat yang tidak menyebar informasi hoax, kami imbau masyarakat agar berhati-hati terdapat informasi yang belum mempunyai kejelasan sumber valid,” tambahnya.

Laporan : Mas’ud Idris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *