Selasa, Oktober 20Informasi itu penting
Shadow

Kapolresta Balikpapan Pimpin 300 Personil Pengamanan Rapat Pleno Penetapan Paslon Pilkada Balikpapan 2020

Balikpapan – Kaltim,  Baraberita.com – Kamis, 24/09/2020 – Pilkada Balikpaan Tahun 2020 memasuki tahapan Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Kota Balikpapan.

KPUD Kota Balikpapan menggelar rapat pleno penetapan paslon secara tertutup dan virtual yang dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kota Balikpapan.

Meskipun dilaksanakan secara tertutup, Polresta Balikpapan bersama dengan Kodim 0905/Bpp tetap menyiagakan personelnya untuk melakukan kegiatan rapat pleno tersebut.

“Ada sekitar 300 personel yang kita libatkan, yakni gabungan personel Polresta Balikpapan,” ungkap Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, SIK., M.H.

Kombes Pol Ade Yaya Suryana juga mengatakan bahwa dalam pengamanan ini pihaknya juga dibantu dengan jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0905/Balikpapan.

Untuk diketahui bahwa menjelang tahapan penetapan dan kampanye Pilkada Serentak 2020, Kapolri telah menggeluarkan Maklumat bernomor MAK/03/IX/2020 tanggal 21 September 2020 tentang Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

Keluarnya Maklumat Kapolri ini adalah tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo yang mewaspadai timbulnya tiga klaster penyebaran Covid-19, salah satunya adalah kluster Pilkada.

“Sudah jelas tertuang dalam Maklumat Kapolri, bahwa penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakal masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tambah Kombes Pol Ade Yaya.

Lanjut Kombes Pol Ade Yaya, bahwa pihak akan terus mensosialisasikan Maklumat Kapolri dan mendukung Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan menjamin keselamatan bersama.

Usai pengamanan, rapat pleno penetepan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 yang berakhir sekitar pukul 12.00 Wita ini, petugas pengamanan langsung melaksanakan apel konsolidasi dan persiapan tugas-tugas berikutnya.

“Alhamdulillah pengamanan hari ini berjalan dengan aman dan lancar, dan besok pagi kita akan kembali melaksanakan pengamanan pengundian letak posisi kolom paslon serta malamnya dilanjut dengan penandatanganan pakta integritas dan deklarasi pilkada damai,” pungkas Kombes Pol Ade Yaya. (Humas Polda Kaltim)

Laporan : Ilham Nur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *