Rabu, Desember 11Informasi itu penting

Perkemahan Blok Gudep 05-077/05-078 SMA Negeri 5 Balikpapan di Bumi Perkemahan STT Migas

Kepsek SMA Neg. 5 Balikpapan Dra. Ririen Friedayati, Saat Membuka Kemah Blok di Bumi Perkemahan STT Migas Balikpapan

Balikpapan- Kaltim,  BARABERITA.COM – Sabtu, 19/10/2019 – Pendidikan Kepramukaan merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik. Pendidikan dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan intrakurikuler dengan pemilihan model dan waktu dalam penyampaian. Namun SMA Negeri 5 Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur memilih model atau metode dengan sistem blok dalam sebuah perkemahan untuk kelas X yang berjumlah 159 orang putera 206 orang puteri ditambah 6 orang Pembina serta seluh wali kelas X sebanyak 10 orang, dengan total peserta 381 orang. Kemah Blok merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tujuan kemah blok antara lain (1) Menyiapkan anggota Pramuka Gugus Depan 05.077/05.78 SMA Negeri 5 Balikpapan Ambalan Batara Indra dan Dewi Kunti  yang berkarakter, mengamalkan Satya Darma Pramuka yang bertanggung jawab, memiliki loyalitas yang tinggi serta tangguh dan tanggap. (2) Membina karakter peserta didik melalui pengembangan nilai-nilai karakter bangsa dalam wadah pendidikan kepramukaan. (3) Menanamkan sikap positif, rasa kesetiakawanan, solidaritas dan kepedulian sosial dalam keprasahajaan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (4) Mempererat rasa persaudaraan, kesatuan, dan persatuan pemuda melalui kegiatan kepanduan Praja Muda Karana.

Kegaitan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan Dra. Ririen Friedayati dan ditutup Ketua Ranting (Kwaran) Balikpapan Selatan Budi, S.PdI, diikuti oleh seluruh kelas X berlangsung dari tanggal 17 Oktober sampai dengan 19 Oktober 2019 bertempat di Bumi Perkemahan STT Migas Balikpapan dengan mengambil tema “Melalui kemah blok pendidikan kepramukaan, kita perkuat nilai-nilai karakter sebagai pengamalan Dasa Dharma Pramuka.” Pada kegiatan kemah blok diselingi dengan deklarasi oleh peserta tentang Pramuka Gudep 05.077/05.078 mendukung program Sekolah Peduli Rupiah.

Pada kemah blok tahun 2018 di Bumi Perkemahan Airud Polda Kaltim yang lalau diperoleh hasil antara lain:

  1. Dengan kegiatan kemah blok pendidikan kepramukaan, membekali nilai-nilai karakter, mengamalkan Satya Darma, memiliki loyalitas yang tinggi serta tangguh dan tanggap.
  2. Meningkatkan internalisasi karakter peserta didik melalui pengembangan nilai-nilai karakter bangsa dalam wadah pendidikan kepramukaan.
  3. Meningkatnya sikap positif, rasa kesetiakawanan, solidaritas dan kepedulian sosial dalam keprasahajaan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  4. Mempererat rasa persaudaraan, kesatuan, dan persatuan pemuda melalui kegiatan kepanduan Praja Muda Karana.
  5. Memperoleh nilai pendidikan kepramukaan rata-rata Baik.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan dalam inti sambutannya, “Semoga dengan kemah blok tahun 2019 ini diperoleh peningkatan hasil dan karakter yang lebih baik dari waktu ke waktu, saya berharap kepada adik-adik, kiranya bisa mengikuti kegiatan ini dengan sunguh-sungguh, manakala ada diantara adik-adik yang merasa kesehatan kurang baik, segeralah lapor ke komandan regu atau kakak-kakak Pembina, Semoga adik-adik semua bisa mengikuti kemah blok ini sampai akhir penutupan nanti”

Ketua Ranting (Kwaran) Balikpapan Selatan, Budi, S.PdI, pada sambutan penutupan kemah blok,” Kakak bangga dengan adik-adik semua telah selesai mengkuti rangkaian acara kemah blok, adik-adik banyak mendapat ilmu tentang Kepramukaan pada kegiatan kali ini, kiranya apa yang adik-adik peroleh selama mengikuti kemah blok kelak nanti bisa dipraktekan dalam kehidupan kita sehari-hari dilingkungan sekolah dan lingkungan warga, kepada kakak-kakak Pembina serta Bapak Ibu Guru Wali kelas saya ucapkan terima kasih.” Tutup Budi.

Laporan : Marwan B – Ilham Nur

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE