Kamis, November 14Informasi itu penting

Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 Tahun 2018 di SMA Negeri 5 Balikpapan, Dilaksanakan Secara ONLINE

Balikpapan, BARABERITA.COM  Sabtu, 01/12/2018 Sistem ujian online merupakan bagian dari sistem informasi pendidikan jarak jauh dan dekat melalui media teknologi elektronik internet atau e-learning. Media teknologi informasi sangat erat kaitannya dengan sistem basis data sebagai media masukan dan penyimpanan data yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Sebagai aplikasi teknologi informasi, sistem ujian online berbasis web merupakan perangkat lunak yang menerapkan database management system (DBMS) dalam menangani perintah-perintah dan permintaan pengguna sistem terhadap basis data. Kenyataan yang berkembang banyak kalangan yang mengkawatikan  tentang perkembangan buah hatinya yang terlahir di jaman melinium ini dimana kebutuhan internet merupakan yang utama, disisi lain orang tua ada kekawatiran tentang dampak yang ditimbulkan jika hal ini berlebihan.

Didalam dunia pendidikan khususnya SMA Negeri 5 Balikpapan yang menerapkan sisten Student service dimana semua data sudah diserahkan kepada user atau disini siswa dimana semua informasi biodata, nilai dan catatan sekolah bisa diakses melalui Website, pada akhir semester tahun 2018/2019 SMAN 5 Balikpapan mengelar Penilain Akhir (PAS) semester ganjil dengan berbasis Online secara serentak, dimulai pada tahun 2016 dengan peningkatan prosentasi ulangan online dari 40 %, tahun 2017 meningkat 75 % dan di tahun 2018 menjadi 100%. Untuk menjawab apa yang menjadi kekawatiran orang tua siswa dengan berkembangnya teknologi dimana siswa tidak terlepas dari Gatget HP. Selain menyongsong abad melinium dimana kalau tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang teknologi maka kita akan terlena dengan teknologi tersebut, bahkan bisa ketinggalan informasi dan teknologi, ini yang diterapkan di SMA Negeri 5 Balikpapan dengan membiasakan memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu wahana untuk memcerdaskan serta mendidik generasi penerus bangsa. Hal ini disampaikan oleh Wakil Kurikulum Agus Budianto, S.Pd.M.Pd yang bertanggung jawab terhadap kegiatan PAS semester ganjil SMAN 5 Balikpapan tahun 2018 dimana beliaunya memantau kegiatan PAS dari jakarta dikarenakan melaksakan Bimtek,   seiring dengan itu kepala SMA Negeri5 Balikpapan Dra. Ririen Friedayati, menyatakanbahwa kegiatan PAS tahun 2018 secara Online sangat bermanfaat, dalam waktu dekat untuk mempersiapkan UNBK tahun 2019 serta UTBK ( Ujian Test Berbasis Komputer ) yang informasinya secara online, diharapkan siswa sudah siap secara mental selain pembekalan materi yang akan diberikan pada semester genap.

Dalam kegiatan PAS semester ganjil SMAN 5 Balikpapan dimulai dari tanggal 29 Nopember sampai 6 Desember dengan setiap hari ada 3 sesi pada pukul 07:15 s.d 14.30 WITA  dengan jumlah peserta kelas X,XI, dan XII sebanyak 945 siswa. Terhadap pelaksanaan semester ganjil online baraberita.com sempat mewawancarai beberapa siswa diantaranya :

Nathasya Angel kelas XII IPS 1 saat diwawancarai tentang tanggapannya terhadap semester ganjil online “ Saya senang dengan sistem online, karena ini lebih memudahkan kami siswa siswi, tidak ada lagi buka-buka lembaran kertas, sistem juga sangat mendukung, jadi semua lancar.”

Meidian Dwiyanti “ Untuk ulangan online sendiri menurut saya sangat menghemat waktu dari segi mengisi jawaban, karena sebelumnya kita menggunakan kertas LJK, lumayan memakan waktu untuk menghitamkan kolom jawaban. Dan dalam pengerjaan lebih santai, karena didalam ruangan kita hanya memegang hand phone.”

Muhammad Farhan Fharezi, “ Menurut saya sitem ulangan online merupakan langkah baik demi berkembang sitem pendidikan untuk kedepannya, terlebih lagi dimasa sekarang yang hampir 80% kegiatan kita sehari-hari selalu membutuhkan dan memanfaatkan teknologi khusnya pemanfaatan gadget. Walaupun banyak dampak negatif yang sering kita dengar untuk masalah penggunaan gadget itu sendiri,  namun tidak seharusnya kita menutup diri bahkan menolak aspek perkembangan zaman tersebut. Apakah kita terlalu “kaku” maka pada akhirnya kita sendiri yang tertinggal nantinya. Sistem ulangan online juga dapat memberikan gambaran bagi peserta didik bagaimana nantinya lapangan pekerjaan di era moderen ini yang akan selalu berdampingan dengan teknologi, menurut saya banyak kelebihan dari sistem ulangan online ini, diantaranya memudahkan dalam bidang penilaian, sehingga tidak perlu menilai satu persatu bahkan dan dapat mempercepat proses penilaian.  Selain itu kita juga kita bisa mengurangi pengguanaan kertas yang dimana merupakan langkah kita mulai peduli cinta terhadap lingkungan. Walau masih banyak yang perlu di “upgrade” dari sistem ujian online baik dari sistem penyajian tampilan, software. Saya yakin bahwa apabila dimanfaatkan dengan benar dan tepat maka perkembangan teknologi juga dapat menjadi aspek penting yang dapat membangun bangsa kita. “ tutup siswa terbaik rangking 1 UKS Se Kota Balikpapan.

Laporan : Arimin JW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE