Minggu, April 5Informasi itu penting

Kampanyekan Tertib Lalulintas, Satlantas Polres Kubar Sambangi Sekolah-Sekolah

Kubar – Kaltim,  Baraberita.com -Rabu, 19/02/2020 – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kutai Barat (Kubar) gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas ke sekolah-sekolah sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalan raya.

Sosialisasi tertib lalu lintas tersebut, selalu mendapat respon positif dari pihak sekolah, terutama Kepala Sekolah, Guru, maupun siswa masing-masing sekolah. Agenda seperti ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan demi keamanan dan ketertiban bagi pengguna jalan.

Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra melalui Kasat Lantas Iptu Damara Yudha mengatakan, selain sosialisasi, pihaknya juga menurunkan sejumlah personil disetiap pagi, melakukan penertiban dengan mengatur jalur lalulintas di jalan raya guna mencegah lakalantas bagi pengguna jalan dengan siswa sekolah yang hendak menuju ke sekolahnya.

“Tindak lanjut sosialisasi ini dilaksanakan sesuai dengan arahan pimpinan. Kedatangan kami ke sekolah-sekolah merupakan bentuk usaha untuk menggalakkan tertib lalu lintas yang dimulai dari siswa sekolah,” ungkap Edo Damara Yudha, usai mensosialisasikan tertib lalulintas di SMA Negeri 3 Sendawar, Barong Tongkok, Selasa (18/2/2020).

Menurut Edo sapaan akrabnya menyebut dengan diadakan sosialisasi seperti ini, pihaknya sangat mengharapkan dapat menurunkan angka lakalantas di wilayah hukum polres kubar bisa diminimalisir.

“Kenapa sekolah yang terus diberi sosialisasi tertib lalu lintas, karena kebanyakan dari mereka saat ke sekolah menggunakan kendaraan roda dua pribadinya masing masing. Selain itu, kami sering menemukan pelanggaran seperti tidak menggunakan helem. Padahal helem merupakan sesuatu yang penting untuk keselamatan berkendara,” imbuhnya.

Sementara Kepala SMA 3 Sendawar Penina Yuliati mengatakan, kegiatan sosialisasi yang diikuti ratusan siswa tersebut terlihat cukup menarik. Tampak antusiasme siswa selaku peserta untuk melakukan tanya jawab terkait materi yang disampaikan personil Satlantas Polres Kubar.

“Mendapat respon positif, kami berterimakasih kepada polres kubar dan jajaran nya yang sudah bersusah payah datang ke sekolah kami untuk sosialisasi tertib lalu lintas. Ini terbukti mampu membawa perubahan terhadap pola perilaku siswa sekolah ketika di jalan umum,” pungkasnya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan dengan adanya kegiatan rutin seperti ini diharap masyarakat dapat bisa merasakan keamanan di lingkungannya dan dapat memberikan nilai positif, bahkan dapat dirindukan dan diharapkan selalu kehadirannya oleh masyarakat tutup Ade Yaya

Laporan : Agus Jumantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *