Kamis, November 14Informasi itu penting

Mantan Transmigran Jawa Timur Berikan Testimoni Dihadapan Pejabat Kab. Paser

Tanah Paser, BARABERITA.COM  Selasa, 30/042019 Pertemuan antara Pemkab Paser dan Pemkot Serang Banten di ruang pertemuan Walikota Serang, Senin (29/4) diwarnai testimoni dari salah satu pejabat dari Pemkab Paser yang merupakan keturunan dari warga transmigrasi dari Jawa Timur ke Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Siti Nurjanah.

kesempatan itu, Siti Nurjanah yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam di Bappeda Paser menceritakan kisah sukses keluarganya sebagai transmigran. Cerita ini disampaikan dengan harapan agar memberikan semangat kepada kedua daerah untuk lebih serius lagi menangani wagra transmigrasi dari Serang ke Paser.

Nurjanah mengatakan bahwa kedua orang tuanya adalah asli Sidoarjo dan Bojonegoro, Jawa Timur, yang datang ke Tapin sebagai transmigran pada tahun 1970an. “Kesuksesan keluarga kami dibuktikan dengan fakta bahwa kami lima bersaudara semua pendapatkan pekerjaan yang layak di Kalimantan, dan ini bukan hanya terjadi di keluarga kami, melainkan pada banyak keluarga transmigran lain,” tuturnya.

“Kenyataan bahwa warga transmigran mengalami masa-masa susah itu tidak bisa dihindari, karena namanya juga memulai sesuatu dari nol. Namun jika tekun dan bekerja keras, masa-masa sulit ini bisa dilewati dalam empat hingga lima tahun di awal. Setelah itu, semua akan berjalan dengan normal,” lanjutnya.

demikian, katanya, kita tidak bisa menutup mata dengan adanya tranmigran yang gagal di daerah baru, sehingga mengambil keputusan untuk kembali ke daerah asal, atau pindah ke daerah yang lain. “Namanya program pemerintah pasti ada yang berhasil dan ada yang tidak. Tapi kisah yang saya sampaikan tadi semoga menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa warga transmigrasi tidak harus selalu mengalami masa sulit sepanjang hidupnya,” tutup Siti Nurjanah yang juga pernah menjabat di Dinas Kehutanan Paser dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser. (humas)

Laporan : Evan RS. Lintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE