Selasa, September 29Informasi itu penting
Shadow

Timsus Maleo Polda Sulut Ringkus Sindikat Pencurian Sarang Walet

Manado – Sulut,  Baraberita.com – Senin, 13/04/2020 – Humas Polda Sulut – Tim Khusus (Timsus) 3 Maleo Polda Sulut dipimpin Aiptu Varry Kowaas bersama Timsus Anoa Polres Kotamobagu mengamankan sindikat pencurian sarang burung walet, Jum’at (10/04/2020) malam.

Aksi para tersangka selama ini dikenal ‘rapi’ dan sulit terungkap. Namun berkat ketajaman Timsus Maleo dan Timsus Anoa, para tersangka pun akhirnya tak berkutik.

Tim awalnya melakukan penyelidikan terhadap para tersangka yang berdomisili disalah satu desa di Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa.

Disalah satu desa di Kakas, tim membekuk dua tersangka, yaitu SW dan DR. Dari pengakuan keduanya, masih ada sekitar 12 tersangka lainnya yang terlibat.

Lanjut keduanya, sarang burung walet hasil curian dijual kepada pria berinisial JK alias Amo, oknum warga Langowan, Minahasa, dengan harga Rp. 6 juta per kilogram.

Tim kemudian memburu JK dan berhasil meringkusnya. JK mengaku, sarang burung walet tersebut dijual lagi kepada pria berinisial L, oknum warga Jalan Pumorouw, Manado.

Selanjutnya tim gabungan bergegas mendatangi lokasi di Pumorouw, dan berhasil mendapati barang bukti berupa sekitar 16 kilogram sarang burung walet hasil curian.

Katimsus Maleo, Kompol Prevly Tampanguma mengatakan, tiga tersangka terdiri dari 2 pencuri dan 1 penadah serta barang bukti sarang burung walet telah diamankan.

“Para tersangka beserta barang bukti telah diserahkan ke Polres Kotamobagu, karena TKP terakhir di wilayah hukum Polres Kotamobagu. Kasus ini masih dikembangkan. Dan kami masih mengejar beberapa tersangka lain yang identitasnya sudah kami ketahui,” tandasnya.

Laporan : Tim Bhara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *