Selasa, September 22Informasi itu penting
Shadow

Polda Sulut Bersama Jajaran Peduli dan Serius Cegah Virus Corona, Ini Yang Dilakukan

Manado – Sulut,  Baraberita.com – Minggu, 15/03/2020 – Humas Poda Sulut – Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran menunjukkan kepedulian dan keseriusan dalam mencegah mewabahnya Virus Corona. Salah satunya dengan menggelar kerja bakti massal, Sabtu dan Minggu, 14-15 Maret 2020.

Kerja bakti ini merupakan instruksi dari Mabes Polri yang ditindaklanjuti oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M., dengan menggerakkan seluruh personel Polda Sulut dan jajaran untuk melaksanakan kerja bakti di berbagai lokasi.

Gerakan secara masif tersebut dilakukan dengan membersihkan lingkungan perkantoran mulai dari tingkat Polda, Polres/Polresta hingga Polsek jajaran. Kemudian Asrama Polisi, juga tempat-tempat dan sarana publik seperti rumah ibadah, pasar, terminal dan lainnya.

Tak hanya memberikan perintah, namun Kapolda Sulut juga turun langsung ke lapangan untuk ikut kerja bakti sekaligus memantau pelaksanaannya, Sabtu (14/03) siang, di wilayah Minahasa Utara, tepatnya di Terminal Airmadidi.

Di lokasi tersebut, juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh petugas Dinas Kesehatan, mulai dari ruang tunggu, parkiran, kantin dan beberapa sudut terminal yang bersebelahan dengan pasar Airmadidi.

Sedangkan pelaksanaan kerja bakti di Polres/Polresta jajaran hingga Polsek, dipimpin langsung dan diawasi oleh Kapolres/Kapolresta dan Kapolsek masing-masing. Kerja bakti tersebut juga melibatkan personel TNI serta masyarakat sekitar lokasi.

Selain kerja bakti, upaya lain yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona adalah dengan menggelorakan pola hidup sehat kepada seluruh personel beserta keluarganya.

Di antaranya, mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik secara baik dan benar sesuai anjuran WHO, mengkonsumsi makanan sehat, olah raga secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain-lain.

Sementara itu menyikapi kelangkaan masker di wilayah Sulut, beberapa waktu lalu, Polda Sulut melalui Ditreskrimsus telah melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke beberapa gudang farmasi, awal Maret ini.

Sidak tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penimbunan masker maupun cairan antiseptik yang dilakukan oknum-oknum masyarakat, pengusaha, atau distributor.

Dan pada kerja bakti hari kedua, Minggu (15/03), juga dilakukan sterilisasi di lingkungan kantor Mapolda Sulut. Sterilisasi ini dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulut, dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan dibeberapa ruangan kerja.

Kapolda Sulut melalui Kabid Humas, Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K., mengatakan, kerja bakti tersebut juga sebagai gerakan moral untuk mengajak seluruh masyarakat dapat melakukan bersih-bersih di tempatnya masing-masing.

“Masyarakat diimbau tidak panik, namun tetap waspada. Marilah kita semua terus berupaya dan berdoa, semoga virus yang sudah banyak menelan korban jiwa ini, tidak menyebar ke mana-mana,” pungkasnya.

Laporan Atriani Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *